Pengumuman Hasil Tes Karyawan Bandara Diprotes

3. Rizki/Bengkulu Ekspress
Helmi merasa dirugikan lantaran anaknya tidak diluluskan dalam tes formasi resepsionis Bandara Fatmawati

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Perekrutan karyawan Bandara Fatmawati pada formasi resepsionis diprotes salah seorang peserta tes. Berty Dwi Kurnia beserta ibunya Helmi SPd MPd, warga Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) merasa dirugikan dengan kebijakan panitia yang tidak meloloskan Berty dalam seleksi tersebut. Dari pengakuan orang tua Berty, Helmi SPd MPd anaknya tersebut sudah mengikuti proses seleksi sesuai aturan. Bermula dari memasukkan berkas pada 24 sampai 25 Oktober 2018.

Kemudian pada pengumuman 27 Oktober, nama Berty termasuk dalam 15 orang yang lolos berkas administrasi. Selanjutnya, tes wawancara pada 30 sampai 1 November 2018, dari 15 orang hanya 6 orang yang lolos tes wawancara termasuk Berty. Berikutnya, 6 orang tersebut melakukan seleksi psikotes dan hanya Berty yang lulus. Ternyata saat pengumuman nama karyawan yang diterima pada Senin (5/11), justru nama Berty tidak ada. Malahan nama orang lain yang tidak pernah mengikuti tes formasi resepsionis.

“Yang muncul malah nama orang yang tidak pernah ikut tes formasi resepsionis,” jelas Helmi kepada BE kemarin (6/11).

Saat Helmi dan anaknya berusaha menanyakan hal tersebut, panitia perekrutan formasi resepsionis Bandara Fatmawati tidak bisa menjelaskan secara detail. Mereka hanya mengatakan panitia perekrutan terdiri dari tim dari Bengkulu dan pusat, keputusan tersebut sudah tidak bisa diganggu gugat.”Mereka tidak bisa menjelaskan, hanya mengatakan keputusannya memang seperti itu. Katanya yang panitia itu tim independent. Saya sudah melaporkan kasus ini ke Ombudsman Bengkulu,” imbuh Helmi.

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu, Herdi Puryanto SE membenarkan telah menerima laporan pengaduan tentang dugaan tidak adilnya perekrutan tes formasi resepsionis tersebut. Laporan pasti ditindak lanjuti jika memang tim penyelenggara tidak memberikan keterangan resmi terkait dugaan tidak adilnya perekrutan formasi tersebut.”Laporan sudah diterima, akan kita tindak lanjuti jika tim penyelenggara tidak memberikan keterangan resmi,” pungkas Herdi.

Sejauh ini Panitia Seleksi Rekruitmen Karyawan bandara maupun manajemen Bandara Fatmawati belum berhasil dikonfirmasi terkait protes tersebut sehingga keterangan terkait pelaksanaan tes dan mekanisme pengumuman pesereta tes yang lulus belum diperoleh. (167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*