Pengukuran Batas Desa Mulai Dilakukan

IST/Bengkulu Ekspress UKUR: petugas bersama TopDAM palembang saat melakukan pengukuran batas desa dalam Kecamatan Manna.

MANNA, Bengkulu Ekspress – Pemda Bengkulu Selatan (BS) tahun ini menargetkan batas desa dan kelurahan dalam Kecamatan Manna tuntas. Oleh karena itu saat ini mulai dilakukan pengukuran. “Kami bersama pihak TOPDAM 11 Palembang sudah turun ke lapangan melakukan pengukuran dan pengecekan batas desa dan kelurahan Kecamatan Manna,” kata Asisten 1 Bupati, Yunizar Hasan SH MAP. Yunizar Hasan mengatakan dari hasil pengukuran tersebut hampir semua desa sudah sepakat mengenai batas desa. Namun masih ada beberapa desa seperti batas desa Terulung dengan Desa Ketaping yang belum tuntas.

“ Untuk batas desa yang belum tuntas, silahkan Camat mempertemukan kedua kadesnya, agar ditemukan solusi terbaik,” ujar Yunizar.



Yunizar menambahkan, setelah pengukuran nanti tuntas, maka akan dibuatkan peta desa. Sehingga dengan adanya peta desa tersebut. Maka ke depan tidak akan terjadi lagi konflik batas antar desa dan antar kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan. “ Dengan dibuatnya peta desa, maka batas wilayah antar desa jelas,” Imbuhnya. Yunizar menjelaskan, sebelumnya sudah ada beberapa Kecamatan yang peta desanya sudah dibuat yakni kecamatan Seginim, Kota Manna, Pasar Manna dan Bunga Mas. Sedangkan kecamatan lainnya belum dilakukan pengukuran yakni Kecamatan Pino, Pino Raya, Ulu Manna, Air Nipis, kedurang dan kedurang Ilir. “ Untuk 6 Kecamatan yang belum tersebut akan kami programkan tahun depan untuk pembuatan peta desanya,” terang Yunizar. (369)