Pengrajin Mulai Produksi Batik Diwo

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pengrajin batik di Kabupaten Kepahiang mulai memproduksi batik diwo. Batik dengan corak khas daerah tersebut dibuat para pengrajin untuk dipasarkan ke masyarakat lokal serta para wisatawan yang datang atau melintas khususnya di kawasan pasar oleh-oleh Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kepahiang, Yurnalis SE MSi mengatakan, para pengrajin yang produksi batik diwo dimotori oleh para peserta diklat sebelumnya. Pengrajin mengembangkan berbagai jenis baju batik dengan ciri khas corak batik diwo yang ada.

“Saat ini produksi belum secara banyak, mereka masih mengutamakan pesanan,” ujar Yurnalis.

Guna mendorong produksi batik, pemerintah daerah melalui Dinas Perindusrian dan Tenaga Kerja juga memberikan bantuan sarana prasarana membatik serta melaksanakan pelatihan batik cap. “Pemberian bantuan sarana, dan juga ada pelatihan sudah kita gelar,” tuturnya.

Tahun lalu, dinas terkait juga melaksanakan lomba desain batik Diwo guna meningkatkan semangat masyarakat melestarikan batik khas Kabupaten Kepahiang. Serta mendorong industri kecil menengah dan rumahan agar dapat menjadi pengrajian batik diwo yang bisa dipasarkan secara luas. (320)