Pengoperasian Mesin ADM di Rejang Lebong Masih Terkendala Jaringan

Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Drs Muradi.

CURUP,bengkuluekspress.com– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong hingga saat ini belum mengoperasikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bantuan dari Kemendagri. Hal tersebut karena saat ini pengoprasian ADM tersebut masih terkendala dengan jaringan.
“Hingga saat ini ADM yang kita miliki belum juga kita operasikan, karena masih terkendala dengan jaringan yang menghubungkan ADM tersebut ke server pusat,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Drs Muradi.

Menurut Muradi, bila jaringan tidak bermasalah lagi, maka pihaknya akan langsung mengoperasikan ADM tersebut. Karena menurutnya dari segi fungsi mesin tersebut dalam keadaan baik dan bisa berfungsi dengan sempurna.
Mesin ADM itu sendiri, menurut Muradi akan mereka tempatkan di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Rejang Lebong. Namun menurutnya tidak menuntup kemungkinan nanti akan mereka pindahkan ke tempat yang stratetegis atau tempat pelayanan umum yang dimikiki Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong salah satunya di Gedung Bappeda Kabupaten Rejang Lebong.
“Untuk sementara akan kita tempatkan di Kantor Dinas Dukcapil terlebih dahulu, namun nanti tidak menutup kemungkinan akan kita tempatkan ditempat strategis lainnya,” tambahnya.

Muradi berharap mesin ADM yang saat ini baru satu-satunya yang ada di Provinsi Bengkulu tersebut bisa segera beroperasi, sehingga pelayanan administrasi kependudukan masyarakat akan lebih cepat lagi. Karena menurutnya mesin ADM itu nanti akan mencetak dokumen administrasi kependudukan masyarakat Rejang Lebong.
“Pada prinsipnya mesin ini sama dengan masen ATM, hanya saja kalau ATM mengeluarkan uang, kalau ADM ini nanti mengeluarkan administrasi kependudukan,” demikian Muradi.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*