Pengobatan Bekam Hadir di Halal Mart Pematang Gubernur Bengkulu

SATRIAWIBOWO/BE – praktik pengobatan alternatif bekam yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan mengeluarkan darah kotor yang ada di dalam tubuh.

BENGKULU,BE – Di antara sekian banyaknya terapi pengobatan yang ada, bekam merupakan salah satu pengobatan alternatif tertua yang pernah ada di dunia. Pengobatan tradisional yang  populer di negeri China dan Timur Tengah ini dipercaya dan terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Muzanip Alperi, Executive Director (ED) Halal Network Indonesia (HNI) Bengkulu, membuka praktik pengobatan bekam di toko Halal Mart miliknya di Jl. WR Supratman, Pematang Gubernur, Bengkulu. Menurut Muzanip, selain manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia, membuka praktik bekam adalah salah cara menjalankan sunnah Rasulullah SAW.

“Bekam merupakan salah satu metode kesehatan yang langsung diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, bagi umat muslim hal ini haruslah dijaga dan dipelihara,” ungkap Muzannip kepada BE, Senin (14/9).

Secara ilmiah dan penelitian, terapi yang menggunakan metode pengobatan dengan cara menyedot keluar darah kotor yang ada di dalam tubuh ini terbukti mampu menyembuhkan seseorang dari berbagai macam penyakit seperti asam urat, kolestrol, sakit kepala, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, stroke, diabetes dan lain-lain.

“Untuk saat ini, ada 72 penyakit yang terbukti secara ilmiah dapat disembuhkan dengan pengobatan bekam ini,” jelas Muzanip.

Darah kotor yang menumpuk dalam tubuh mengakibatkan rasa malas dan berat bagi tubuh seseorang. Peredaran darah yang tersumbat akibat menumbuknya darah kotor inilah yang akan menjadi bibit munculnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu, perlu rutinnya mengeluarkan darah kotor tersebut untuk melancarkan kembali peredaran darah manusia dan menggantinya dengan darah baru dan sehat.

Muzannib menjelaskan, ada 3 cara metode berbekam. Pertama adalah bekam basah (wet cupping), yakni berbekam dengan cara kulit disayat kecil pada bagian yang ingin dibekam menggunakan alat seperti jarum steril.  Lalu pada bagian tersebut, akan ditempelkan gelas atau cup khusus yang dapat ditarik dengan alat penyedot sehingga dapat mengeluarkan darah kotor dari sayatan luka tersebut.

SATRIAWIBOWO/BE – Halal Mart membuka praktik bekam di Jl. WR Supartman, Pematang Gubernur, Bengkulu.

Kedua, bekam kering (Dry Cupping), yakni berbekam dengan cara mengoleskan minyak bekam pada bagian tubuh yang ingin dibekam. lalu pada bagian terbut akan ditempelkan gelas atau cup yang akan menarik daging tubuh dengan menimbulkan sensasi terapi. Metode ini hampir sama dengan metode pertama, hanya saja iya tidak mengeluarkan darah dari dalam tubuh.

Ketiga, bekam seluncur, yakni berbekam dengan cara yang hampir sama dengan metode kedua di atas (bekam kering), hanya saja tarikan gelas atau cup diatur tidak sekuat tarikan dalam metode bekam kering. Lalu gelas atau cup tersebut akan ditarik perlahan yang menimbulkan sensasi urut pada bagain bagain yang dilalui.

“Metode-metode tersebut diterapkan sesuai keinginan dan kebutuhan dari keluhan-keluhan penyakit yang diderita pasien,” jelas Muzanip.

Bagi masyarakat Bengkulu yang ingin melakukan konsultasi dan mencoba pengobatan terapi bekam dapat mengunjungi Halal Mart di Jl. WR Supratman, Pematang Gubernur, Bengkulu. Buka dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB. Untuk jasa Bekam, Rp 100 ribu jika datang sendiri ke Halal Mart, dan Rp 125 ribu jika datang ke rumah pasien. Untuk jasa panggilan ke rumah bisa menghubungi 0813-7318-8062/ 0823-8006-1792.(mg5)