Penghubung Antar Desa Masih Tanah

PENARIK,BE –  Tugas pemerintah dibidang infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan rakyat masih banyak pekerjaan yang belum selesai. Salah satunya mengenai jalan penghubung antar desa yang masih tanah. Seperti didesa Suka Maju Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko didesa yang menghubungkan beberapa desa tersebut masih tanah.

Kades Suka Maju, Badri mengatakan jalan yang sangat memperihatinkan itu terletak di tanjakan ombing. Jika turun hujan jalan yang masih tanah tersebut sangat sulit dilalui.

Padahal jalan tersebut selain digunakan sebagai jalan umum seperti digunakan untuk para pelajar pergi dan pulang sekolah  juga digunakan sebagai transportasi mengangkut hasil pertanian.

“ Jika hujan jalan itu sangat sulit dilalui khusus bagi pelajar tetap melewati jalan tersebut walapun berkotor-kotoran tetap pergi kesekolah, kalau panas seperti ini berdebu,” katanya.

Menurut Kades jalan yang masih tanah itu beberapa bulan lalu ia dan warga didesanya melakukan perbaikan secara swadaya yakni dengan cara memberikan koral dan menyewa alata berta supaya jalan tersebut tidak berlumpur.

Hanya saja pekerjaan swadaya yang telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 8 juta lebih itu batu-batunya sudah tertimbun lagi dengan tanah.

Dan jika turun hujan jalan tersebut kembali berlumpur dan jika panas berdebu.

“ Sudah sering kita usulkan supaya adanya perhatian pemerintah daerah supaya jalan didesanya diperbaiki namun sejauh ini belum ada realisasi,”bebernya.

Dia mengharapkan perhatian serius dari pemerintah. Jika dibiarkan akan menganggu dan menghambat  aktifitas serta mempengaruhi tingkat perekonomian di desanya dan warg desa lainnya. Karena kondisi jalan adalah salah satu pendukung untuk peningkatakan perekonomian masyarakat. Ungkapnya.(900)