Penghargaan Bahasa bagi Media Massa Provinsi Bengkulu 2020

BENGKULU, BE – Memperingati hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Kantor Bengkulu Provinsi Bengkulu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meneyelenggarakan kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra pada bulan Oktober 2020. Salah satu rangkaian kegiatan tersebut adalah Penghargaan Bahasa bagi Media Massa se-Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 24 September lalu. Diawali dengan penyerahan berkas dari media massa, baik cetak maupun elektronik untuk dinilai.

Berkas yang dinilai itu antara lain, tiga artikel berita utama, tiga artikel tajuk rencana dan tiga artikel bebas, yang terbit antara Juli dan Agustus 2020 (untuk media cetak);

Kemudian, satu naskah siaran berita dan hasil rekamannya; satu naskah siaran gelar wicara (talk show) dan hasil rekamannya; dan satu naskah siaran liputan kegiatan dan hasil rekamannya (untuk media elektronik).

Aspek kebahasaan yang dinilai dalam penghargaan bahasa media massa ini ejaan (20%), bentuk dan pilihan kata (25%), kalimat (25%), intonasi (20%), kesesuaian antara topik dan isi berita (10%).

Juri dari kegiatan ini terdiri atas orang-orang yang berkompeten di bidang bahasa Indonesia, di antaranya Dr Fairul Zabadi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dra Fitri Adona dosen Politeknik Universitas Andalas dan wartawan Semangat dan Dra Yanti Riswara, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu

Ada 25 media massa yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Dari ke-25 media massa yang diundang itu, hanya tiga belas media massa yang mengikuti kegiatan ini. Berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri maka didapatkan peringkat media massa itu, mulai dari terbaik I sampai dengan V, baik media massa cetak maupun elektronik.

Kelima media massa ini berhak mendapatkan penghargaan dari Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, berupa uang pembinaan, piagam, dan plakat. Di antara media massa yang berhak menerima penghargaan dari Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu itu adalah RRI Bengkulu, peringkat I Radio Sehati FM, peringkat II Surat Kabar Radar Kepahiang, peringkat III Surat Kabar Radar Utara, peringkat IV dan RBTV, peringkat V. (Rls)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*