Penggusuran Pasar Tais Belum Maksimal

TAIS, Bengkulu Ekspress – Tekad pemerintah Kabupaten seluma untuk memindahkan pedagang Eks Pasar Tais ke Pasar Sembayat belum membuahkan hasil maksimal. Hasil rapat sudah memutuskan segera melaksanakan terhadap pedagang yang masih berjualan di Pasar Tais pun belum dilaksanakan. Karena saat ini Pemkab Seluma masih mengedepankan penataan pasar dengan cara persuasif.

“Kita gunakan cara persuasif dulu, Untuk waktu penggusurannya belum tahu, namun pasti akan digusur dan membuat parit di seputaran pasar itu.” ujar Wabup Seluma, Drs. Suparto, M.Si kepada Bengkulu Ekspress.

Bupati menjelaskan, pendekatan yang dilakukan mendatangi satu persatu pedagang untuk bisa secara sukarela membongkar lapak mereka serta pindah ke Sembayat. Menurutnya, terbaik ada pedagang itu sendiri yang berinisiatif membongkar sendiri lapaknya. Sehingga bisa pindah ke Pasar Sembayat, namun jika tidak juga pindah barulah Pemkab Seluma melakukan penggusuran.

“Lokasi di Pasar Sembayat sudah tersedia dan kita terbuka saja untuk menampung pedagang ini. Dengan tujuan yang baik,” sampainya.

Ditambahkan Wabup, Pemkab Seluma menyelesaikan pembuatan Sertifikat lahan di Pasar Tais. Mengingat saat ini asal usul kepemilikan serta usulan sudah di sampaikan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Seluma untuk ditingkatkan dalam kepemilikan sertifikat. Setelah sertifikat kepemilikan lahan di Pasar Tais selesai barulah dasar Pemkab Seluma melakukan penggusuran semakin kuat.

“Kami sudah meminta BPN menyelesaikan pembuatan sertifikatnya. Karena lahan Pasar Tais sudah dihibahkan oleh pemiliknya kepada Pemkab Seluma,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang mengklaim merasa memiliki lahan di Pasar Tais, Pemkab Seluma mempersilahkan untuk mengajukan gugatan ke pengadilan. Karena saat ini lahan sudah dihibahkan oleh ahli waris kepada Pemkab Seluma. Kemudian saat ini sedang diproses pembuatan dan penerbitan sertifikat lahannya.

Diketahui, beberap hari lalu rapat kembali dilakukan dengan mengundang sejumlah pihak. Termasuk Dandim 0425 Seluma, Letkol Inf Wiwit Jalu Wibowo serta Wakapolres Seluma Kompol Millian Azis. Termasuk kepala Dinas Perindagkop dan UKM Seluma Mulyadi, S.Sos, MM serta panitia pemindahan pasar lainnya. (333)