Penggunaan DD Sesuai Harapan

Kades Padang Betuah, Kalidi
=Foto : Kades Padang Betuah, Kalidi

Anggaran Terserap 100 Persen

PADANG BETUAH, Bengkulu Ekspress – Bantuan dana desa (DD) dari pemerintah pusat dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemerintah Desa Padang Betuah, Kecamatan Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Semua pembangunan fisik yang berasal dari DD dilakukan sesuai dengan harapan dan permintaan masyarakat.

“Penentuan pembangunan fisik kami lakukan sesuai dengan harapan masyarakat. Semua aspirasi masyarakat kami tampung dalam musyawarah rencana pembangunan tingkat desa (Musrenbangdes),” kata Kepala Desa (Kades) Padang Betuah, Kalidi, kemarin (26/8).

Dijelaskan Kalidi, Musrenbangdes merupakan acuan serta pertimbangan bagi Pemerintah Desa dalam menyusun rencana kegiatan yang dituangkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

“Banyaknya aspirasi membuat Pemerintah Desa harus bersikap bijak dan memilih pembangunan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Dalam penggunaanya, sambung Kalidi, realisasi DD telah melalui beberapa tahapan. Mulai dari penyusunan rencana kegiatan pembangunan (RKP), pembuatan rancangan anggaran dan biaya (RAB) serta pembuatan gambar oleh tim teknis pendamping bersama kader teknis desa (KTD).

Setelah tuntas, dokumen APBDes juga dilakukan pemeriksaan atau verifikasi oleh Pemerintah Kecamatan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Benteng. “Semua pembangunan dikerjakan sesuai dengan RAB dan dikerjakan oleh tim pelaksana kegiatan (TPK),” papar Kades.



Pada tahun 2018 ini, ungkapnya, Desa Padang Betuah mendapat kucuran DD sekitar Rp 600 juta dan dibagi untuk beberapa item pembangunan. Yakni, pembukaan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 1.550 meter beserta jembatan, gorong-gorong dan plat deker di dusun III. Selanjutnya, DD juga disalurkan untuk pemasangan jaringan internet di kantor desa, pembuatan sumur bor di kantor desa serta pembangunan gedung kegiatan belajar masyarakat di Dusun I.

“Semua anggaran telah terserap 100 persen. Sebab, pembangunan kami lakukan sesuai dengan RAB dan gambar yang tersedia,” kata Ketua TPK Padang Betuah, Suhardi Apan.(135)