Pengepakan Surat, Suara Dimulai

ARY/Bengkulu Ekspress Petugas saat melakukan pengepakan surat suara Pemilu serentak 2019 di gudang logistik KPU Rejang Lebong Senin (25/3) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Setelah selesainya proses penyortiran dan pelipatan, mulai Senin (25/3) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong mulai melakukan pengepakan suarat suara. “Untuk hari ini kita mulai melakukan pengepakan suarat suara,” sampai Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo saat ditemui dilokasi pengepakan suara di gudang logistik KPU Rejang Lebong Senin kemarin.

Menurut Restu, dalam pengepakan surat suara tersebut, pihaknya mendahulukan surat suara untuk tempat pemungutan suara yang letakkan jauh dari ibu kota Kabupaten Rejang Lebong. Dimana untuk yang dilakukan pengepakan kemarin adalah surat suara untuk TPS yang ada di Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

“Untuk waktu pengepakan surat suara ini akan kita laksanakan hingga tanggal 1 April mendatang, dimana petugas yang dilipatkan adalah pegawai KPU Rejang Lebong dibantu oleh petugas PPK dan PPS,” paparnya.

Lebih lanjut Restu menjelaskan, pengepakan surat suara yang mereka lakukan tersebut yaitu dengan memasukkan surat suara kedalam sampul surat suara, kemudian dimasukkan kedalam kotak surat suara yang sebelumnya sudah dirakit oleh KPU Rejang Lebong. Dalam pengepakan surat suara tersebut, KPU Rejang Lebong mengutamakan TPS yang jauh mengingat masih ada kekurangan surat suara, sehingga menurut Restu surat suara tambahan yang sudah mereka usulkan ke KPU RI tersebut akan diperuntukkan untuk TPS dikawasan Kota Curup.

Masih menurut Restu, untuk pengepakan kemarin dilakukan untuk 40 TPS yang ada di Kecamatan Bermani Ulu dan 34 TPS di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Kemudian untuk hari ini, menurut Restu pihaknya akan melakukan pengepakan untuk 55 TPS di Kecamatan Curup Utara, untuk 31 TPS di Kecamatan Bidnuriang.



Selanjutnya pada hari ketiga dilakukan pengepakan untuk 74 TPS di Kecamatan Curup dan untuk 29 TPS di Kecamatan Sindang Beliti Ilir. Sedangkan untuk hari keempat akan dilakukan pengepakan untuk 60 TPS di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan untuk 42 TPS di Kecamatan Kota Padang.

Selanjutnya pada hari kelima akan dilakukan pengepakan untuk 61 TPS yang ada di Kecamatan Curup Selatan dan 41 TPS di Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Kemudian dihari keenam akan dilakukan pengepakan untuk 70 TPS di Kecamatan Curup Timur dan 36 TPS di Kecamatan Sindang Dataran.

“Dihari terakhir nanti kita akan melakukan pengepakan untuk 94 TPS di Kecamatan Curup Tengah, kemudian untuk 38 TPS di Kecamatan Sindang Kelingi dan 101 TPS di Kecamatan Selupu Rejang,” papar Restu.

Untuk proses distribusi logistik Pemilu serentak nanti, menurut Restu akan mulai didistribuskan ke TPS yang ada di Kabupaten Rejang Lebong pada H-7 dan H-5 Pemilu serentak. Dimana dalam pendistribusian juga, KPU Rejang Lebong akan lebih mendahulukan kecamatan yang jauh seperti untuk Kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan Sindang Dataran. (251)