Pengelolaan BUMDes di Mukomuko Harus Transparan

logo

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Mukomuko, Sukiman menyampaikan, kepada seluruh penggelola dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus transparan. Tujuannya untuk mengantisipasi dugaan penyalahgunaan dana BUMDes, termasuk mengantisipasi timbulnya prasangka kurang baik dari masyarakat.
“Sekitar 50 BUMDes rata-rata pelanggaran yang masih menjadi catatan Ipda. Salah satunya BUMDes tidak adanya laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran BUMDes yang harus disampaikan setiap tahun,” bebernya.

Menurutnya, terkait dugaan pelanggaran dan menjadi catatan, pihaknya telah meminta keterangan kepada kades dan pengurus BUMDes yang bersangkutan. Hasilnya pihak yang melakukan pelanggaran, seperti menggunakan dana BUMDes untuk kepentingan pribadinya sudah mereka kembalikan meski secara berangsur. Sedangkan BUMDes yang belum menyampaikan laporan penggunaan dana, ada sebagian diantaranya sudah menyampaikan laporannya setelah kita panggil.
“Kita berharap BUMDes yang masuk dalam catatan sesegera mungkin berbenah untuk lebih baik. Sebab dana yang mereka kelola itu adalah dana pemerintah, harus dipertanggung jawabkan dan gunakan dana yang ada sesuai dengan aturan serta peruntukannya. Serta lebih teliti dan berhati-hati supaya tidak terjerat hukum,” tegasnya.(900)