Pengelola Jamin GBK Tetap Bisa untuk Laga Piala Asia

JAKARTA – Pihak pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akhirnya buka suara untuk menanggapi cibiran dan kritikan tentang kekahwatiran stadion kebanggaan nasional itu bakal tak bisa digunakan untuk kualifikasi Piala Asia U-23 lantaran akan dipakai untuk konser One Direction. Rencananya, pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 akan dilangsungkan pada 27 Maret yang akan datang, sedangkan konser One Direction digelar dua hari sebelumnya atau pada 25 Maret.

Direktur Pengembangan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPPK GBK), Raja Pane bahkan mengaku optimistis stadion yang dikelolanya bakal tetap bisa digunakan untuk kualifikasi Piala Asia. Syaratnya,  lapangan benar-benar langsung bersih setelah konser selesai dilaksanakan.

“Kami sudah jelaskan (ke PSSI). Ada jaminan, setelah konser langsung disiapkan lapangannya,” katanya, Rabu (18/3).

Menurut lelaki yang pernah menjadi ketua SIWO PWI itu, setelah konser One Direction pada 25 Maret malam, venue akan langsung dibersihkan. Selanjutnya GBK akan disterilkan.

“Langsung cover grass (penutup rumput, red) kami lepas, kami siram rumput, disterilkan, malam sudah bisa digunakan uji lapangan,” ujar lelaki yang akrab disapa Bang Raja itu meyakinkan.

Uji lapangan memang dijadwalkan pada 26 Maret, sementara pertandingan perdana akan digelar pada 27 Maret sore. Meski masih menunggu kondisi GBK, namun Sekjen PSSI Joko Driyono tetap mengajukan opsi stadion pengganti.

Sambil harap-harap cemas, SUGBK mungkin dan layak untuk tetap digunakan. “Kami ajukan tiga venue di tiga kota untuk secondary option. SUGBK tetap prioritas,” tandasnya. (dkk/jpnn)