Pengawas Diminta Turun ke Lapangan

KETAHUN,BE- Proyek pembangunan gedung SMKN I Ketahun, pemerintah desa berharap ada pengawas dari pusat langsung turun melakukan pemeriksaan. Pasalnya informasi dan laporan beberapa sumber menyatakan jika gedung tersebut belum sesuai yang direncanakan semula. “Jika sesuai kemungkinan sudah digunakan dan dipakai. informasinya ada beberapa ruang yang akhirnya belum digunakan. Jika tidak ada masalah, tentu hal ini tidak bakal terjadi,” kata Kades Ketahun Rozali.

Kepastian kelayakan pembangunan gedung memang bukan kewenangan pemerintah desa ataupun masyarakat yang menilai. Namun warga dan masyarakat berhak memberikan informasi apabila memang dalam pelaksanaan proyek sarana yang menyangkut kepentingan umum, ada hal yang kurang sesuai kepada pihak yang terkait. “Warga sah-sah saja apabila mengetahui adanya ketidak sesuaian, ataupun bisa disampaikan kepada LSM dan media jika terjadi persoalan di wilayahnya,” jelasnya.

Terkait pembangunan itu, yang disayangkan sejauh ini belum pernah ada pemberitahuan dan koordinasi dari kontraktor yang melaksanakan proyek itu.

Semestinya pelaksanaan pembangunan sarana yang menyangkut kepentingan masyarakat dan warga selalu ada koordinasi dengan pemerintahan desa, sebagai pemilik wilayah. “Hingga saat ini belum ada koordinasi kepada desa, sehingga kita tidak bisa tahu lebih banyak jika memang ada permasalahan,” tukasnya.(919)