Pengangguran, Tembus 22.705 Orang

ilustrasi pengangguran
Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Angka pengangguran di Provinsi Bengkulu hingga saat ini masih cukup tinggi. Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, jumlah pengangguran se-Provinsi Bengkulu mencapai 22.705 orang.

“Kita melihat data ada 22 ribu pengangguran di Bengkulu, tentu ini menjadi catatan kami,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, Ir Sudoto melalui Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja, Ahmad Nurdin, kemarin (14/3).

Dijelaskan, pengangguran tersebut didominasi laki-laki, dengan jumlah 13.345 orang. Sedangkan untuk wanita jumlahnya jauh lebih sedikit yakni sebanyak 9.360 orang. “Jumlah pengangguran masih didominasi oleh laki-laki, sementara perempuan dibawahnya sedikit,” tuturnya.

Nurdin mengungkapkan bahwa beberapa program terus diupayakan oleh Disnakertrans untuk menekan jumlah pengangguran. Diantaranya dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) termasuk juga yang baru-baru ini melalui program magang ke Jepang.



“Selain pelatihan SDM, kita juga sebelumnya telah memberikan bantuan teknologi tepat guna untuk membantu masyarakat dalam memberdayakan usahanya,” bebernya.

Ke depan pihaknya juga akan melakukan peninjauan ke Kabupaten/Kota, sebagai bahan untuk menentukan prioritas pemberian bantuan. Hal ini agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan pemberian bantuan. “Untuk tahun lalu, kita berikan bantuan ke Seluma dan Mukomuko untuk pengelolaan cangkang sawit. Untuk tahun ini kita tunggu dulu hasil pengkajian dan evaluasi,” tutupnya.(999)