Pengadaan Mobil Damkar Dianggarkan Setiap Tahun

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE berencana akan melakukan penganggaran terkait pengadaan mobil damkar setiap tahunnya. Hal itu dilakukan mengingat saat ini kondisi armada yang ada sudah berusia tua dan dinilai tak bisa prima dalam bertugas.

“Ya alhamdulillah, untuk menambah kekuatan kita dalam melakukan pekerjaan yakni mengatasi kebakaran, kita akan mendapatkan satu unit damkar setiap tahunnya. Seperti 2019 ini diakhir November akan kita miliki armada baru,” jelas Kepala PBK Kota Bengkulu, Saipul Apandi, Senin (7/10/19).

Ia menjelaskan, memang dalam rencana Pemerintah Kota Bengkulu untuk menambah mobil damkar sekarang ini tidak sepenuhnya membeli mobil baru, tetapi rencananya tahun 2020 ini mobil damkar yang akan didapat merupakan mobil yang sudah direkondisi atau mobil second yang sudah melalui perbaikan.

“Memang tidak sepenuhnya mobil yang akan kita dapat semuanya baru, tetapi memang rencananya ditahun 2021 baru kita akan mendapatkan mobil baru lagi bukan mobil rekondisi. Oleh sebab itu, bisa dikatakan apa yang dilakukan Pak Walikota, H Helmi Hasan ini merupakan program subsidi silang,” Tambah Saipul.

Saipul mengatakan, meskipun tiap tahun nantinya jika disetujui ada penambahan satu unit mobil damkar, pihaknya sangat menyambut baik hal tersebut karena kondisi mobil damkar yang ada seakarang ini memang jauh dari kata mencukupi.

Saat ini armada damkar hanya memiliki 14 unit dan rata-rata diproduksi pada tahun 1997. meskipun begitu, kata Saipul, dengan anggtoa damkar yang memiliki semangat dan keterampilan yang luar biasa, pihaknya yakin bisa memberikan pelayanan dan kinerja yang optimal dari para petugas pemadam kebakaran demi warga Kota Bengkulu terutama ketika terjadi peristiwa kebakaran. (Imn)