Pengadaan Barang Lebih Mudah

Foto berita Sosialisasi E Katalog
APRIZAL/Bengkulu Ekspress :
Kegiatan Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog LKPP Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, di Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur, Senin (17/9).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Bertempat di Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur, Senin (17/9), Bupati Kabupaten Bengkulu Utara yang diwakili oleh Asisten III Ir Untung Parmono MSi membuka kegiatan Sosialisasi Pelatihan Teknis E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Kegiatan tersebut diikuti 158 peserta yang merupakan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antara lain Kasubag atau Kasi Perencanaan, admin SIRUP dan pejabat pengadaan.

Kepala Bagian Fasilitasi Layanan Barang dan Jasa (FLBJ) Setdakab Bengkulu Utara, Yulman SPd MPd ketika ditemui Bengkulu Ekspress mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) saat ini mendapatkan kemudahan dalam pengadaan barang, karena untuk belanja saat ini tinggal melakukan pemesanan via online atau e-Katalog.

Karena Pemkab Bengkulu Utara sudah bekerjasama dengan PT Air Mas Berkatindo Teknologi (Ayooklik.com) sebagai wadah dalam pengadaan barang dan jasa secara online terkait penyampaian tata cara pembelian barang dan jasa melalui sistem katalog elektronik.

“Dengan adanya e-katalog dan belanja online ini justru mempersingkat waktu pembelian, karena pihak pengguna anggaran (PA) tidak perlu lagi harus membeli langsung ke toko. Melainkan bisa langsung menyampaikan pemesanan secara online melalui e-katalog,” katanya.

Di sisi lain, Koordinator wilayah PT Air Mas Berkatindo Teknologi, Shaomi Jelita menuturkan, salah satu tujuan dalam pelaksanaan e-katalog tersebut diklaim menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka (transparan) dan efisien. Tak hanya itu, melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa juga bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi ini lebih memberi edukasi kepada instansi pemerintah bahwa belanja pemerintah dengan e-katalog tidak serumit diperkirakan.

“Dengan e-katalog lebih cepat, tepat dan mudah jadi kita di sini sebagai satu diantara penyedia online shop LKPP berusaha memberikan edukasi yang sebaik mungkin dengan sistem sesuai yang diberlakukan LKPP,” ungkapnya.



Lebih lanjut, Jelita menerangkan, pada dasarnya pihaknya memberikan kemudahan dan cepat melalui belanja online tepatnya melalui e-purchasing dan e-katalog LKPP.

“Bahkan sudah banyak OPD-OPD yang merasakan kemudahannya, seperti dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinkes dan sebagainya, kita harapkan kerjasama ini bisa tetap terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(cw1)