Pengabmas Poltekes Kemenkes Bengkulu Dorong Kecamatan Curup Bebas TBC

CURUP, bengkuluekspress.com– Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya terkait dengan pengabdian masyarakat, dosen Poltekkes Kemenkes Bengkulu Kampus B Prodi Keperawatan Curup, kembali melakukan Program Pengabdian Masyarakat (Pengabmas).
Kegiatan Pengabmas kali ini dilakukan oleh Chandra Buana MPH selaku ketua tim dengan anggota Almaini SKp MKes, Yanti Sutriyanti SKM MKes, DR Rustam Aji MKes, Mulyadi SKep MKep dan Ari Ikhwan SSiT MT.
Kegiatan Pengabmas yang dilakukan yaitu terkait dengan pemberdayaan kader kesehatan menuju kecamatan bebas TBC. Kegiatan tersebt dilaksanakan di Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2020 ini.Chandra Buana selaku ketua tim menyampaikan bahwa mereka memilih kader kesehatan sebagai ujung tombak kegiatan untuk mewujudkan kecamatan bebes TBC karena menurut mereka kader kesehatan mempunyai peran besar dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat menolong dirinya sendiri untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.
“Mengingat bahwa pada umumnya kader bukanlah tenaga profesional melainkan hanya membantu dalam pelayanan kesehatan untuk itu pula perlu adanya pembatasan tugas yang diemban baik menyangkut jumlah maupun jenis pelayanan, maka perlu kiranya kader untuk mendapatkan tambahan ilmu dan keterampilan khususnya ilmu kesehatan dalam upaya penanggulangan penyakit TBC,” terang Chandra.

Dengan kegiatan Pengabmas yang mereka laksanakan yaitu dengan melakukan pemberdayakan kader kesehatan dalam upaya mewujudkan kecamatan bebas TBC di kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2020.
Metode kegiatan Pengabmas yang dilakukan tersebut mulai dari pengkaderan, pendidikan dan pelatihan serta pendampingan kader kesehatan. Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut telah berhasil menginisiasi terbentuknya 20 orang kader peduli TBC, menfasilitasi kader untuk melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang penyakit TBC dan kesehatan lingkungan di Kecamatan Curup.
Kami berharap kepada kader kesehatan yang telah dibentuk dapat menerapkan menerapkan pengetahuan yang diperoleh untuk penanggulangan penyakit TBC di lingkungan mereka dengan tetap berkoordinasi dengan pihak puskesmas dan pemerintahan setempat,” harap Chandra.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu kegiatan Pengabmas yang mereka laksanakan yaitu Plt Kepala Puskesmas Curup, Ice Trisnawati SKM, Camat Curup Jimmy Ramon SSTP MSi, Lurah Talang Benih Leylan Nauly H ST dan Lurah Jalan Baru Haris Simanjuntak.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*