Pengabdian, Kepedulian, Etos Kerja

7.410 Ekor Hewan Kurban Disembelih

BENGKULU, BE – Masyarakat Bengkulu antusias dalam melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun ini. Kantor Perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mencatat, ada sebanyak 7.410 ekor hewan kurban yang disembelih diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Terdiri, 131 ekor kerbau, 4.235 ekor sapi, 3.044 ekor kambing dan 28 ekor domba.

“Hewan kurban tersebar di 9 Kabupaten, 1 Kota, dengan yang terbanyak di Kota Bengkulu,” terang Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H Bustasar yang juga Ketua PHBI Provinsi Bengkulu usai melaksanakan salat id di Masjid Baitul Izzah Padang Harapan Kota Bengkulu, kemarin (11/8).

Hewan kurban yang tercatat tersebut, disembelih di setiap masjid-masjid dan ada juga yang dipotong di rumah sendiri dengan melibatkan panitia kurban. Harpannya dengan penyembelihan hewan kurban tersebut dapat diterima orang-orang yang berhak menerima.



“Daging kurban akan disampaikan kepada masyarakat yang berhak seperti fakir miskin dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Tidak hanya itu, Provinsi Bengkulu juga mendapatkan bantuan satu ekor hewan kurban jenis sapi dari Presiden Joko Widodo dengan berat 1,57 ton.
Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Bengkulu, Edie Hartawan mengatakan, kali ini tidak dilakukan pemotongannya di Masjid Raya Baitul Izzah, melainkan di Masjid Jamik, Manna Bengkulu Selatan.

“Dipilihnya Bengkulu Selatan untuk tempat pemotongan hewan kurban bantuan Presiden Jokowi itu, semata-mata pemerataan. Karena setiap tahunnya akan digilir seluruh wilayah kabupaten dan kota dalam Provinsi Bengkulu menerima bantuan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia ini,” ujar Edie.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, momentum Idul Adha identik dengan kurban, namun demikian, sebagai umat muslim patut meneladani ajaran Nabi Ibrahim A.S, sosok manusia paling bertaqwa sepanjang peradaban zaman, keilmuan dan kemantapan akidah serta keteguhan dalam memegang prinsip, Siti Hajar pun ajarkan tatacara ikhtiar dan kerja keras demi mencapai keberhasilan dan terakhir Nabi Ismail A.S mengajarkan bagaimana caranya ikhlas menghadapi ujian.

“Nilai-nilai yang dicontohkan beliau sangat relevan kita contoh dalam menjalankan peran, tugas dan tanggung jawab, apapun posisi kita, apapun profesi yang kita jalani,” ungkap Rohidin.
Lebih lanjut, Rohidin menghimbau kepada masyarakat Provinsi Bengkulu untuk terus meningkatkan semangat pengabdian, kepedulian, etos kerja yang baik sebagaimana diajarkan Nabi Ibrahim A.S. Terakhir, terimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan pelaksanaan shalat ied hari raya idul adha.

“Pengabdian dan Etos kerja sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan menuju kesuksesan, seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim. Dan tidak lupa ucapan terimakasih kepada panitia atas kerja kerasnya dalam melaksanakan tugas, sehingga semua berjalan khidmat dan tertib walaupun keadaan masjid masih dalam tahap renovasi,” ujarnya.

Pererat Silahturahmi

Dalam lebaran Idul Adha itu, Gubernur juga mengelar Open House di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu. Menurut Rohidin, open house tersebut dilakukan sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan serta kebersamaan dengan jajaran pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat Bengkulu. Termasuk dengan jiran tetangga di sekitaran Rumah Dinas Gubernur.
“Kita membangun spirit kepedulian dan kebersamaan sebagai keluarga besar masyarakat Provinsi Bengkulu, Alhamdulillah suasana kekeluargaannya begitu baik dan nyaman sekali,” ungkap Rohidin.
Dikatakannya, dibawah kepemimpinannya, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan pembangunan di berbagai sektor dan membuka keterisolasian Provinsi Bengkulu. Karena tujuannya tidak lain, untuk bisa membuat Bengkulu bangkit dari ketertinggalan dan bisa sejajar dengan provinsi lainnya.
“Ini tujuan kita bersama, tentunya upayanya juga harus dilakukan secara bersama-sama,” pungkasnya.

Tampak hadir pada open house FKPD Provinsi Bengkulu, diantaranya Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman, Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf. Dwi Wahyudi, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, para Kepala OPD di jajaran Pemprov Bengkulu serta masyarakat. (151)