Penetapan 5 Komisioner Diminta Objektif

Sekretaris LSM IGW saat menunjukkan rekapan hasil psikotes komisioner KPU di RSJKO BengkuluKEPAHIANG, BE – Masyarakat Kepahiang kembali mendesak penetapan 5 besar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang harus dilakukan seobyektif mungkin oleh KPU Provinsi Bengkulu. Ini dikarenakan banyak kandidat balon komisioner KPU Kepahiang yang dinyatakan perlu dipertimbangkan dan bahkan tidak direkomendasikan saat melakukan tes psikologi di RSJ Soeprapto beberapa saat yang lalu.
“Kami minta agar KPU Provinsi Bengkulu bisa objektif dalam penentuan 5 besar anggota KPU Kepahiang nantinya. Seperti yang kita ketahui dalam pelaksanaan tes psikologi di RSJ Soeprapto beberapa saat yang lalu ada calon yang disarankan dan hanya dipertimbangkan. Menurut kami pihak KPU harus melihat penilaian dari tim seleksi psikologi RSJ Bengkulu ini,” ujar Sekretaris LSM Indonesian Goverment Wacth (IGW) Kabupaten Kepahiang kepada BE kemarin.
Menurut pihaknya, dalam hal seleksi yang dilakukan oleh pihak RSJ ini sudah sangat objektif dan juga tidak ada unsur intervensi dalam penentuan siapa yang disarankan untuk menduduki jabatan anggota KPU dan siapa yang masih perlu dipertimbangkan.
“Kami minta rekomendasi yang ditawarkan oleh pihak RSJ Bengkulu dalam tes psikologi dapat dijadikan rujukan KPU Provinsi dalam penentuan calon komisioner KPU Kepahiang ini nantinya, karena kami yakin proses uji psikologis yang dilakukan jelas-jelas tanpa intervensi dan memang riil adanya,” jelasnya.
Sementara itu dari data yang diperoleh BE, dalam pelaksanaan tes psikologi yang dilakukan di RSJKO Soeprapto Bengkulu pada tanggal 10 Mei 2013 lalu menyarankan beberapa calon untuk menduduki jabatan komisioner KPU Kepahiang, dan beberapa nama calon yang dinyatakan perlu dipertimbangkan untuk menduduki jabatan komisioner KPU Kepahiang. Penetapan ini sendiri ditandatangani langsung oleh Ketua Tim seleksi psikologi RSJKO Bengkulu Refni SKM MKM dan tim seleksi psikologi RSJKO Bengkulu Vera Febriana.(505)