Penerima Sertifikasi Tunggu Rekonsiliasi Kementerian

TAIS, bengkuluekspress.com – Sampai saat ini siapa penerima tunjangan sertifikasi untuk tahun 2021 belum bisa dirincikan. Pasalnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma masih menunggu rekonsiliasi dari Kementerian. Untuk penerima sertifikasi berdasarkan usulan setiap daerah. Kemudian barulah disampaikan ke Kementerian Keuangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Emzaili Hambali MPd melalui Kabag Keuangan Hermansyah, SE mengatakan untuk daftar penerima tunjangan sertifikasi guru ini baru bisa disampaikan Maret nanti. Sedangkan kapan pembayarannya tergantung transfer dana dari pemerintah pusat.

“Kami masih menunggu rekonsiliasi dari Kementerian. Untuk daftar penerima tunjangan sertifikasi ini. Karena saat ini kementrian masih memverifikasi usulan dari daerah. Termasuk dari Seluma. Karena setiap tahun dipastikan bakal banyak perubahan data penerima tunjangan ini,” tegasnya.

Dijelaskan, mengatakan bahwa untuk Kabupaten Seluma sendiri terdapat delapan guru yang sudah pensiun. Belum lagi ada guru yang sudah meninggal dunia. Sehingga jelas tidak dibayarkan lagi tunjangan sertifikasinya. Namun juga ada usulan guru penerima sertifikasi yang baru. Sehingga jelas ada perubahan data guru. Serta saat ini masih dalam proses rekonsiliasi di kementerian.

Sementara itu, untuk tahun 2020 kemarin sendiri jumlah guru penerima di Kabupaten Seluma sebanyak 1.119 orang guru. Dengan besaran anggaran yang dibutuhkan setiap triwulan sebesar Rp 13 miliar lebih. Untuk tahun 2020 kemarin hanya dibayarkan selama 11 bulan saja. Sedangkan utuk Desember belum dibayarkan. Hal ini karena terjadi kekurangan anggaran. Anggaran yang tersedia hanya Rp 11 miliar.

“Untuk sisa kekurangan tahun 2020 setelah ada penambahan transfer dana. Maka langsung akan dibayarkan. Apa yang sudah menjadi hak, pasti akan diberikan kepada seluruh guru,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*