Penerima Program SAKTI Utamakan Kampung Paten Terpadu

Sri Fitri Kusumawati SPKP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas pertanian Bengkulu Selatan (BS), Ir Silustero MM melalui Kasi Perbibitan Produksi dan Pakan Ternak bidang Peternakan, Sri Fitri Kusumawati SPKP mengatakan, program satu keluarga satu sapi (SAKTI) tahun 2021 segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. Mengingat tahun ini hanya sebagai pilot project. Sebab hanya mampu membeli 15 ekor sapi, maka diutamakan daerah tertentu sebagai penerima program tersebut.

“Program sakti tahun inj hanya pilot project, jadi penerimanya kami mengutamakan daerah yang masuk pada program Inovasi kampung ternak intensif terpadu (Paten Terpadu),” katanya.

Dikatakan Atik, sapaan akrab Kasi Perbibitan produksi dan pakan ternak ini, desa -desa yang menjadi kampung paten terpadu ini yakni Desa Ketaping Kecamatan Manna, Desa Padang Jawi Kecamatan Bunga Mas, Desa Lubuk Ladung Kecamatan Kedurang Ilir, Desa Muara Danau Kecamatan Seginim , Desa Padang Tambak Kecamatan Pino, Desa Limus Kecamatan Kedurang Ilir, Desa Padang Lebar Kecamatan Seginim dan Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya. Desa panen terpadu ini, beber Atik merupakan desa-desa yang sudah tertib hewan ternak.

“Di Kampung Paten Terpadu ini, ternaknya tidak berkeliaran lagi, sehingga memudahkan warga dalam memelihara sapi program SAKTI, sebab sapinya sudah diternakkan,” ujar Atik.

Dijelaskan Atik, mengingat sapi bantuan program sakti hanya 15 ekor. Sehingga nantinya akan dibagi 5 kelompok. Setiap kelompoknya ada 3 ekor sapi. Oleh karena itu, saat ini pihaknya sedang memverifikasi desa mana yang yang akan menerima program tersebut. Sebab dari 8 desa kampung paten terpadu, nantinya hanya akan ditetapkan 5 desa saja penerima program sakti tersebut.

“Tim masih melalukan verifikasi, insya Allah Nanti Juni program ini sudah diluncurkan, dan penerimanya benar-benar yang mau dan serius dalam beternak sapi dengan cara dikandangkan,” demikian Atik. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*