Penerima Program Kusuka Diinput


TAK MELAUT: Sejumlah nelayan tradisional yang tak berani melaut karena cuaca buruk berupa gelombang tinggi memeriksa kondisi jangkar kapal yang di labuhkan ditepi Pantai Malabero
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), tengah melakukan penginputan data nelayan yang ada di daerah tersebut. Tujuannya, agar nelayan dapat masuk dalam program Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Data nelayan yang terinput dalam program Kusuka dari KKP itu sebanyak 280 orang,” ujar Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Nasy Yardi.

Penginputan data dilakukan supaya masyarakat nelayan masuk dalam program Kusuka dan diusulkan mendapatkan bantuan asuransi nelayan tahun 2019 ini. “Tahun ini, Kabupaten Mukomuko mendapatkan kuota asuransi nelayan 500 orang dari KKP RI. Jumlah itu meningkat dibandingkan sebelumnya, yang hanya 369 orang nelayan,” katanya.

Menurutnya, data sebanyak 280 orang nelayan yang telah terinput secara otomatis masuk dalam program Kusuka dan menerima bantuan program asuransi nelayan dari KKP.  Ia juga menyampaikan, masih memiliki waktu cukup panjang untuk melakukan penginputan data nelayan dan diusulkan sebagai penerima bantuan asuransi nelayan.

“Periode 2019-2020 kuota Kabupaten Mukomuko 500 orang. Ini jumlahnya naik dari periode 2018-2019 sebanyak 369 orang. Harapan kami seluruh nelayan memiliki kartu Kusuka, karena sangat bermanfaat positif bagi masyarakat nelayan di daerah ini,” ungkap Nasy Yardi.(900)