Penerima Jeruk Gerga Diminta Serius

TUBEI,BE – Setelah dilakukan launching penanaman Jeruk Gerga, khas Lebong langsng oleh Bupati H Rosjonsyah SIP MSI, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lebong mengharapkan para petani merawat bantuan tersebut dengan baik.  Sampai komoditi unggulan Lebong itu tumbuh dan menghasilkan buah. Petani dimimya serius merawat tanaman jeruk dilahan seluas 20 hektar di Kecamatan Rimbo Pengadang tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir Rudi Pancawarman kepada wartawan kemarin. “Kita berharap petani yang telah menerima dan menanam bibit jeruk Gerga merawatnya. Tujuan pemberian bantuan ini, ya untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri,” ungkap Rudi.

Dikatakan Rudi, Dinas Pertanian membantu para petani memberikan pengetahuan cara perawatan jeruk Gerga tersebut. Dengan mengirimkan penyuluh pertanian. “Selain tenaga penyuluh, kita juga berusaha mendatangkan peneliti jeruk dari Kementrian untuk membantu petani. Hal ini agar Jeruk Gerga ini berkembang. Tahun 2013 nanti kita meluaskan lokasi penamanan Jeruk Gerga mencapai 200 hektar,”,”kata Rudi.

Terpisah salah seorang petani penanam Jeruk Gerga di Wilayah Rimbo Pengadang, Jensen mengatakan, ia sangat antusias menanam jeruk Gerga tersebut. Karena memiliki prosfek yang bagus. “Sebenarnya kita sudah lama ingin menanam jeruk Gerga ini. Karena keterbatasan biaya maka belum dilakukan. Di Rimbo Pengadang ini sudah ada yang berhasil mengembangkan Jeruk Gerga, tentu ini memotivasi kami untuk menanamnya, apalagi bibitnya didapatkan gratis” ucap Jensen.(777)