Penerima BLT DD Embong Sido Kepahiang 92 KK

ilusterasi

BERMANI ILIR,bengkuluekspress.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Embong Sido Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang menetapkan 92 Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) 2021. Setiap bulannya para penerima mendapatkan suntikan dana Rp 300 ribu tanpa potongan, yang merupakan program pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19.
Diungkapkan Pjs Kades Embong Sido, Iwan Zamzam Kurniawan SH total BLT DD dianggarkan Rp 331 juta lebih. Besarnya anggaran BLT DD membuat volume program fisik seperti pembangunan jalan rabat beton tidak dapat dijangkau secara keseluruhan, bahkan ada program perluasan lahan pemakan umum tidak bisa dianggarkan di APBDes. “Perluasan pemakaman akhirnya disepakati dengan cara wakap uang, dari masyarakat untuk membeli lahannya,” ungkap Iwan Zamzam.

Dikatakan Iwan DD Embong Sido tidak dapat mengakomodir pengadaan lahan pemakaman. Selain alokasi yang tidak ada, DD banyak tersendot pada penanggulangan covid-19, selain BLT DD tentu ada juga agenda pencegahan agar tidak terjadi penularan ditengah masyarakat. Maka pengadaan lahan untuk makam harus ditanggulangi bersama. “Saya dan keluarga siapkan 1 juta untuk wakap lahan kuburan, panitianya nanti silahkan tagih dengan saya,” tegas Iwan dihadapan ratusan warga Embong Sido yang hadir di Masjid Nurul Iman desa setempat Jum’at (19/3).

Iwan mengajak, masyarakat setelah terkumpulnya uang pengadaan lahan, diharapkan warga dapat berkontribusi atau dapat mewakapkan tenaga dengan bersama-sama membangun jembatan menuju pemakaman. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*