Penerima BLT-DD di Kabupaten Mukomuko Capai 6.240 Orang

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masya dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Gianto, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, M. Fadly mengatakan,  jumlah calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Mukomuko mencapai 6.240 penerima.

Jumlah tersebut, ia terima setelah pihak DPMD Mukomuko menerima laporan dari  148 desa dari 15 Kecamatan yang ada di daerah ini.

“148 desa di daerah ini telah mengelar Musdesus menentukan penerima BLT. Dari data yang ada jumlah calon penerima BLT di Kabupaten Mukomuko sebanyak 6.240 penerima,” ungkap Fadli.

Fadli mengungkapkan, Pemerintah Desa diharuskan menetapkan jumlah penerima BLT-DD pada tahun ini. Pasalnya Pemerintah Pusat mewajibkan Pemerintah Desa untuk mengalokasikan BLT-DD pada tahun 2021, dengan ketentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Rp 300 ribu per bulan selama satu tahun .

“Pemerintah Desa diharuskan mengalokasikan untuk BLT-DD. Dan apabila tidak menganggarkan, maka akan ada sanksi tersendiri,” ucapnya.

Ditambahkan Fadly, dalam menentukan jumlah penerima BLT-DD ini, setiap desa yang ada di daerah ini berbeda-beda sesuai hasil Musdesus.
Dari data yang ada mayoritas jumlah penerima BLT-DD setiap desa diatas 20 dan dibawah 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan ada juga diatas 100 dan paling sedikit 2 KPM.

“Ada dua desa yakni Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko dan Desa Lubuk Selandak, Kecamatan Teramang Jaya, hanya mengalokasikan 2 calon keluarga penerima BLT. Kemudian ada  3 desa yang mengalokasikan calon penerima BLT DD di atas 100 keluarga. Yakni Desa Lubuk Talang, Kecamatan Malin Deman sebanyak 152 KPM, Desa Pernyah, Kecamatan Teramang Jaya, 125 KPM, dan Desa Penarik, Kecamatan Penarik 120 KPM,” demikian Fadly. (end)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*