Penemu Jeruk Gerga Dapat Penghargaan

TUBEI,BE – Berhasil menemukan salah satu jeruk yang asli dan khas Lebong yakni jeruk Gerga, Silvia berserta suaminya diberikan penghargaan oleh masyarakat Kabupaten Lebong melalui Badan Musyawarah Adat (BMA) sebagai penemu dan pengembang jeruk Gerga. Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Lebong atau Rajo Ki Karang Nio H Rosjonsyah SIp MSi di rumah dinas bupati pada Sabtu (5/1) kemarin.

Diungkapkan Rajo Ki Karang Nio, diberikannya anugrah penghargaan kepada penemu dan pengembang jeruk Gerga karena jeruk itu memang berbeda dengan jeruk-jeruk lainnya yang ada di Indonesia. Saat ini Kabupaten Lebong telah diberikan hak paten jika Jeruk Gerga merupakan buah asli dari Lebong.

“Setelah diberikannya penghargaan ini kita berharap para petani lainnya ikut untuk mengembangkan jeruk tersebut, sehingga dengan demikian maka akan adanya peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Rosjonsyah.

Selain itu, Ketua BMA Kabupaten Lebong H Khadirman SH mengatakan jika penghargaan ini merupakan ucapan terimakasih masyarakat kepada penemu dan pengembang jeruk Gerga. “Harapan kita, sesuai dengan apa yang disampaikan Rajo tadi yakni dengan ini diharapkan petani lainnya ikut mengembangkan jeruk. Untuk ibu Silvia bisa sebagai pembimbing para petani lainnya dalam menanam jeruk gerga tersebut. Kita yakin jika ini berhasil maka akan adanya peningkatan ekonomi pada masyarakat Lebong,” kata Khadirman. (777)