Pendidikan Penting

Israh HayatiPendidikan sangat penting bagi semua kalangan masyarakat, baik ditingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA. Hanya saja, pendidikan dasar seperti jenjang SD  merupakan tingkat pendidikan paling penting. Karena pada tingkat itu, siswa mulai mengenal pendidikan yang sebenarnya. Berbeda dengan pendidikan ditingkat TK yang cenderung aktifitasnya diisi dengann permainan.
Hal  ini diungkapkan oleh guru SDN Taba Penanjung, Israh Hayati.
Menurut Israh Hayati, pada tingkat Sekolah Dasar, siswa mulai mengenal tentang berbagai macam pelajaran atau ilmu. Mereka mulai berkomunikasi dengan lingkungan sosial. Ditingkat ini anak mulai mengerti sedikit demi sedikit mengenai hal yang baik dan tidak baik atau yang perlu mereka laksanakan.
“Karena tingkat kedewasaan dan pertumbuhan sudah terlihat,” ungkapnya.
Dijelaskannya, biasanya anak-anak SD mulai kritis apabila menemukan hal yang baru. Karenanya guru jangan salah dalam memberikan peng ajaran. Karena apa yang mereka lihat dan mereka dengar akan mereka tirukan.
“Sebagai pendidik kita harus benar-benar menjaga perilaku dan perkataan kita, sebab anak-anak SD sudah mulai paham dan mengerti,” imbuhnya.
Ia menambahkan, guru hendaknya bertanggungjawab memberikan pendidikan yang termotivasi dan lebih semangat. Karena anak-anak tingkat SD merupakan generasi penerus. Jadi guru SD harus menyiapkan generasi peneru yang benar-benar berkualitas untuk kehidupan masa depan.
“Mendidikan anak agar dapat mengerti dan bermutu hingga ke tingkat SMP atau SMA, memang harus dimulai sejak dari bangku SD,” tutupnya. (111)