Pendidikan Lalu Lintas Masuk Mapel PKn

Zainal Azmi
Plh yang juga Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bengkulu, Drs Zainal Azmi MTPd

BENGKULU, BE – Pendidikan lalu lintas bakal ajarkan pada pelajar sejak dini. Materi tersebut dikenalkan mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paudni), SD, SMP, hingga SMA sederajat. Pendidikan lalu lintas ini diintegerasikan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

“Tadi Satlantas Polres Bengkulu, sudah ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu, menindaklanjuti pembelajaran lalu lintas ke pelajar,” ungkap Plh yang juga Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bengkulu, Drs Zainal Azmi MTPd kepada BE.

Pendidikan berlalu lintas tersebut program Polri yang disinergikan bersama Kementerian Pendidikan sehingga ditindaklanjuti hingga ke daerah. Tujuannya dengan masuknya materi tersebut dalam kurikulum pemahaman berlalu lintas dapat dikenalkan sejak dini dan tertanam dalam ingatan anak sampai kapanpun.

Masih dikatakan Zainal, pengenalan berlalu lintas tersebut dilakukan, karena kondisi saat ini banyak anak sekolah khususnya para pelajar SMP dan SMA menggunakan kendaraan sepeda motor ke sekolah. Bahkan angka kecelakaan lalu lintas paling dominan dari usia pelajar.

“Kecelakaan ini terjadi karena pelanggaran misalnya menggunakan handphone sambil mengendarai motor. Untuk itulah materi pendidikan sikap berlalu lintas dengan sasaran pelajar dinilai sangat penting,” jelasnya.

Disdik Kota Bengkulu dan Satlantas Polres Kota Bengkulu, terlebih dahulu melakukan sosialisasi pada guru sekaligus memberikan modul pembelajaran baik bersifat video maupun pembelajaran luring (luar jaringan).

“Sosialisasi rencananya dilaksanakan dalam sepekan kedepan. Dengan melibatkan tenaga pendidik tersebut harapannya pemahaman dan etika berlalu lintas mudah dimengerti dan mengurangi korban kecelakaan,” tandasnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*