Pendidikan Ditentukan Oleh Mutu Guru

ASRI/Bengkulu Ekspress SOSIALISASI: APKASI menggelar sosialisasi program peningkatan tenaga pendidik di ruang rapat kantor Bupati Bengkulu Selatan, Kamis (11/4) siang.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress –Staf Ahli Bidang pendidikan peningkatan mutu guru daerah Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Hj Himmatul Hasanah MP mengatakan pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa. Oleh karena itu, memajukan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama. Dirinya mengatakan salah satu dari program APKASI yakni peningkatan mutu guru daerah.

“ Mutu guru daerah harus ditingkatkan. Sebab kualitas dunia pendidikan tergantung dari mutu gurunya,” katanya saat acara sosialisasi program unggulan bidang pendidik, iman dan taqwa serta literasi di ruang rapat kantor Bupati, Kamis (11/4) siang.

Himmatul menjelaskan, peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompetensi guru semakin meningkat, mereka akan melahirkan generasi cerdas. Untuk itu, dirinya berharap Pemda juga dapat mendukung peningkatan mutu guru daerah. Pasalnya, jika dunia pendidikan maju, maka daerah tersebut juga akan semakin maju.



“ Saya harap Pemda ikut bertanggung jawab dalam peningkatan mutu guru daerah,” harap Himmatul.

Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM memberikan apresiasi atas kesediaan APKASI melakukan audiensi dan sosialisasi di Bengkulu Selatan. Dirinya membenarkan, jika guru berperan penting dalam menentukan sistem pendidikan. Oleh karena itu, dirinya mengaku, pemda Bengkulu Selatan mendukung upaya peningkatan mutu guru daerah.

Upaya yang dilakukan dengan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dan juga peningkatan manajemen pendidikan serta membentuk sekolah unggulan. “ Kami akan terus berupaya agar mutu pendidikan di Bengkulu Selatan terus meningkat dengan menyediakan anggaran bidang pendidikan yang cukup besar, kami ingin dengan semakin berkualitasnya guru di Bengkulu Selatan, maka generasi muda kami semakin cerdas, sebab merekalah nantinya yang akan melanjutkan pembangunan di Bengkulu Selatan ini,” ujar Gusnan. (369)