Pendamping Koperasi Minim

 

KOPERASI
Foto ; IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Eksoress – Pendamping Koperasi di Kabupaten Bengkulu Utara masih sangat minim. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bengkulu Utara, saat ini hanya ada tiga orang pendamping koperasi untuk 19 kecamatan.

Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkulu Utara, Syamsuardi mengatakan, tugas pendamping koperasi adalah langsung ke lapangan mengetahui kondisi koperasi di setiap wilayah mereka. Selain itu, pendamping juga harus aktif melakukan sosialisasi dan pembinaan.



“Idealnya, pendamping koperasi itu satu orang satu kecamatan,” jelas Syamsuardi.

Tidak hanya pendamping koperasi yang kurang, pendamping Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pendamping Diklat juga masih kurang, karena hanya ada 7 orang.

“Benar, kita juga kekurangan pendamping KUR dan pendamping Diklat,” imbuhnya.

Untuk meminimalisir kekurangan tersebut, Syamsuardi mengaku akan mengusulkan ke Provinsi atau ke pusat sehingga diharapkan adanya penambahan. Sembari menunggu usulan tersebut disetujui, Syamsuardi memastikan tim tetap bekerja maksimal dan sesuai tupoksi. “Kita berharap mereka tetap berkoordinasi jika ada kendala dilapangan,” pungkas Syamsuardi.(167)