Pendaftaran Tes CPNS Segera Dibuka


BENGKULU, BE – Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) diminta untuk mempersiapkan diri. Sebab, tes penerimaan CPNS tahun 2019 ini akan dipercepat, yakni pada akhir September ini akan diumumkan.
Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (KemenPAN-RB) sedang dalam tahap finalisasi formasi.

Karo Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB, Mudzakir saat dihubungi BE mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan finalisasi penetapan formasi CPNS 2019. Baik untuk instansi pusat maupun daerah.



Setelah tahapan tersebut rampung, setiap instansi akan mengumumkan pengadaan CPNS di lingkungan atau daerah masing-masing. Pengumuman akan berisi tentang jabatan yang dibutuhkan, jumlah formasi untuk setiap jabatan, persyaratan untuk setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), serta tata cara dan waktu pendaftaran.

“Pengumuman pengadaan CPNS 2019 akan diumumkan sekitar akhir September atau awal Oktober melalui website KemenPANRB dan website masing-masing instansi,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap penipuan yang berhubungan dengan tes CPNS. Karena pengumuman pengadaan baru akan disampaikan pada akhir September 2019 nanti.

“Tidak ada seorang pun yang dapat membantu agar seseorang dapat diterima menjadi CPNS. Meski sudah diingatkan berkali-kali, masih saja ada masyarakat yang tertipu. Semoga jangan sampai terjadi lagi,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, pihaknya masih menunggu penetapan formasi dan jadwal pelaksanaan tes CPNS dan tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari KemenPAN-RB.

Nantinya formasi tersebut akan diberikan dan ditetapkan melalui Rapat Koordinasi (Rakor) bersama di kementerian.

“Sampai sekarang belum turun juga. Kalau tahapannya dimulai kemungkinan akhir September ini semua sudah tuntas,” kata Diah.
Ia mengaku, melalui rakor tersebut, seluruh kabupaten/kota dan provinsi khususnya yang akan melaksanakan tes CPNS dan PPPK akan mendapatkan formasi dan jadwal pelaksanaan tes. Namun sampai saat ini, pihaknya belum juga menerima undangan maupun informasi terkait rakor.

“Sampai saat ini kita masih menunggu, mungkin dalam waktu dekat akan turun,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada tahun ini Pemprov Bengkulu mengajukan usulan formasi tambahan pegawai. Usulan formasi tambahan tenaga pegawai ini meliputi 70 persen untuk tenaga PPPK, dan 30 persen CPNS, sesuai dengan pembagian kuota dari pusat.

Bila usulan disetujui, maka seperti tahun lalu lokasi tes rekruitmen pegawai Pemprov akan dilaksanakan di Kantor UPT BKN Bengkulu.

“Tenaga guru diusulkan seluruhnya melalui rekruitmen tenaga PPPK, sementara dokter dan tenaga teknis ada yang melalui rekruitmen CPNS dan PPPK. Diantaranya ada guru penjas, seni, agama, matematika, dan TIK. Sedangkan tenaga dokter spesialis, seperti spesialis jantung, kardiovaskular, anak, kulit dan kelamin, mata, dan paru. Lalu tenaga teknis, diantaranya teknologi informasi, planologi, teknik informatika, teknik jaringan komputer,” tutupnya. (999)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*