Pendaftaran SBMPTN Dibuka

BENGKULU, BE – Pendaftaran peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai dibuka, hari ini (11/4), sampai 5 Maret 2017.

Panitia Lokal SBMPTN Universitas Bengkulu (UNIB) Alimansyah SE menuturkan, SBMPTN ini dilakukan di 85 PTN se-Indonesia, yang terbagi dalam 42 panitia lokal.

”Bentuk seleksi SBMPTN dibagi dalam dua sistem yakni sistem Computer Based Test (CBT) dan Paper Best Tes (PBT),” kata Alimasnyah pada BE kemarin (10/4).

Pendaftaran SBMPTN dengan dua sistim tersebut salah satu pembaharuan dari proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sistim ini sudah kali kedua diterapkan. Sistim CBT akan dibatasi kuotanya, dan dilanjutkan dengan sistem manual.

Masih dituturkan Alimansyah SE, peserta yang bisa mendaftar SBMPTN siswa lulusan tahun 2015, 2016 dam 2017 dari pendidikan menengah SMA/SMK/.MA termasuk paket C. Calon peserta SBMPTN dikenakan biaya daftar Rp 200 ribu per orang.

Pembayarannya melalui bank yang ditunjuk pantia SBMPTN. Dengan dana tersebut, pendaftar mendapatkan PIN daftar. Disini calon mahasiswa bisa memilih sistem tes yang diinginkan, mau menggunakan PBT atau CBT.

“Jika kuota CBT full, maka langsung tertutup otomatis,” cetusnya.

Setelah melakukan pembayaran peserta dapat melanjutkan proses pendaftaran di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id Peserta dapat mengunggah file pas foto berwarna, mengisi data induk, mengisi formulir, dan calon peserta memilih panitia lokal dimana akan mengikuti ujian.

Pelaksanaan ujian tertulis PBT dan CBT dilaksanakan bersamaan pada 16 Mei 2017. Keesokan harinya 17 dan 18 Mei dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian keterampilan. Pengumuman hasil SBMPTN dilakukan pada 13 Juni 2017. (247)