Pendaftaran Panwascam Dimulai

–Azes Digusti SKom–

KOTA MANNA, BE – Menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak 2020. Mulai hari ini (27/11), Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Bengkulu Selatan (BS) merekrut panitia pengawas kecamatan (Panwascam). Para warga BS yang berminat dapat mendaftar ke sekretariat Panitia di sekretariat Bawaslu BS di samping Akbid Manna.

“Mulai besok (hari ini, red) pendaftaran calon panwascam kami buka,” kata Ketua Panwaskab BS Azes Digusti SKom.

Azes mengatakan, pendaftaran dibuka selama seminggu, yakni berakhir paling lambat 3 Desember mendatang. Oleh karena itu, bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri. Untuk pendaftaran ini, sambung Azes, peserta tidak boleh menitipkannya kepada pelamar lainnya.“ Untuk berkas pendaftaran,wajib diantar sendiri oleh pelamar,” ujarnya.

Khusus yang melamar melalui online atau lewat pos, Azes mengingatkan, agar berkas pendaftaran diterima pihaknya paling lambat 3 Desember. Adapun berkas yang diterima tersebut harus 3 rangkap, yakni 2 rangkap fotokopi dan 1 rangkap berkas aslinya.“Bagi yang mau mengajukan lamaran lewat online atau pos silahkan, tetap kami layani,” imbuhnya.

Untuk persyaratan, beber Azes, sebagaimana ketentuan UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum diantaranya usia minimal 25 tahun, bukan tim sukses pasangan calon, bukan anggota partai politik. Berdomisili di BS yang dibuktikan dengan KTP Elektronik. Pendidikan minimal lulusan SMA sederajat juga tidak dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.“Jumlah panwascam yang kami rekrut sebanyak 3 orang untuk masing-masing kecamatan, totalnya 33 orang untuk 11 Kecamatan se BS,” demikian Azes. (369)