Pendaftaran Panwascam Dibuka

ARGAMAKMUR, BE – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) hari ini, Kamis (7/5) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Bupati Tahun 2015 Kabupaten BU.
“Hari ini saya memberikan kesempatan untuk mendaftar sebagai Panwascam Kabupaten BU. Mengingat pelaksanaan pemilu akan berlangsung tidak lama lagi, jika pendaftaran dibuka sekarang diharapkan bulan Juni nanti sudah ada Panwascam yang kami rekrut,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten BU, Bejo SPt.
Perekrutan Panwascam tidak asal terima, ada beberapa tahapan untuk menyeleksi peserta. Seperti seleksi administrasi, jika sudah lulus seleksi administrasi, peserta selanjutnya akan mengikuti tes tertulis. Tes tertulis sendiri mempunyai sistem peringkat, dimana akan diambil 6 peringkat disetiap Kecamatan dari peserta yang lolos seleksi administrasi. Selanjutnya 6 orang lolos tadi akan mengikuti tes wawancara, dan akan diambil 3 orang yang lolos tahapan terakir ini.
“Pembukaan pendaftaran berlangsung tanggal 7 sampai 11 mei, kemudian penerimaan berkas dilakukan tanggal 12 sampai 18 Mei. Pengumumanya dilakukan tanggal 1 Juni jika tidak ada halangan,” imbuh Bejo. Ditambahkannya, nantinya setiap kecamatan yang ada di Kabupaten BU mendapatkan jatah 3 Panwascam. Panwaslu Kabupaten BU berperan sebagai penyeimbang, sedangkan Panwascam berperan strategis, sebagai wasit juga mengidentifikasi berbagai pelanggaran selain itu tentunya tugas Panwascam mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan. Diharapkan berbagai pelanggaran yang kerap terjadi pada perhelatan Pemilu bisa diminimalisir.
Bejo mengharapkan Panwascam yang bertugas nanti memiliki integritas dan wawasan sehingga tugas yang akan dijalanai sat pemilu nanti lebih baik dari tahun sebelumnya.
“Tugas Panwaslu melaksanakan pengawasan supaya tak ada masalahan dan hasilnya berkualitas. Terutama, mekanisme dan tata cara suoaya tidak terjadi pelanggaran. Dengan Pilgub dan Pilbub yang berkualitas, Gubernur Bengkulu dan Bupati BU yang dhasilkan pun menjadi bagus,” demikian Bejo. (167)