Pendaftaran Magang ke Jepang Diperpanjang

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Masa pendaftaran program magang ke Jepang kembali diperpanjang. Jika sebelumnya diperpanjang hingga 30 Juni, saat ini kembali diperpanjang hingga 31 Juli 2019 mendatang. “Dari hasil koordinasi dengan Disnakertrans Provinsi Bengkulu, program pemagangan ke Jepang diperpanjang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Benteng, Masdar Helmi SSos MM melalui Kabid Ketenagakerjaan Disnakertrans Benteng, Elpi Eriantoni SH.

Disampaikan Elpi, salah satu yang menjadi pertimbangan memperpanjang masa pendaftaran ialah dengan melihat antusias masyarakat yang masih sedikit. Betapa tidak, dari total kuota yang diberikan untuk Kabupaten Benteng sebanyak 150 orang, Disnakertrans Kabupaten Benteng baru mencatat sebanyak 48 orang yang resmi menyampaikan berkas pendaftaran.

“Secara keseluruhan, ada 40 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang telah mendaftar. Melalui perpanjangan waktu, saya harap ada penambahan peserta,” terang Elpi.

Kembali disampaikan Elpi, terdapat persyaratan khusus yang mesti dipenuhi oleh calon peserta. Terkhusus bagi laki-laki, paling tidak harus memiliki tinggi badan 160 centimeter dan berat badan (BB) minimal 50 kilogram. Bagi yang hanya lulusan SMA sederajat, pendaftar harus mengantongi sertifikat keterampilan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu. Sedangkan kesempatan juga terbuka bagi masyarakat yang menyandang gelar diploma atau sarjana teknik jurusan bangunan, teknik industri, mekanisasi pertanian, juru gambar dan teknik kimia.

Bagi kaum perempuan, pendaftar harus memiliki tinggi badan minimal 150 centimeter dan berat minimal 40 kilogram. Selanjutnya, pemagangan juga memberikan kesempatan bagi lulusan Asisten Perawat dengan usia minimal 18 tahun 6 bulan.

“Calon peserta juga akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Setiap peserta tak boleh memiliki tato, tindik, berkacamata serta disfungsi organ tubuh. Secara teknis, seleksi akan dilakukan oleh Disnakertrans Provinsi Bengkulu yang juga akan menghadirkan panitia dari Jepang,” tandasnya.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*