Pendaftaran KPPS di Kaur Diperpanjang

Yuhardi

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur memperpanjang masa pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga 30 Oktober 2020. Perpanjangan pendaftaran karena hingga saat ini kuota 2.226 orang belum terpenuhi. Kondisi pandemi Covid-19 diprediksi menjadi penyebab sepinya peminat masyarakat untuk mendaftar.

“Ada sekitar 128 TPS yang masih kekurangan pendaftaran KPPS, sehingga kita memperpanjang masa pendaftarannya hingga 30 Oktober 2020,” kata Ketua KPU Kaur, Mexsi Resmanto SE melalui Divisi ESDM Yuhardi SIP MH, Senin (27/10).

Dikatakan Yuhardi, diperpanjangnya pendaftaran di 128 TPS yang kurang itu terdiri dari Kecamatan Kaur Selatan 23 TPS, Kaur Tengah 8 TPS, Kelam Tengah 2 TPS, Kinal 3 TPS, Luas 7 TPS, Lukang Kule 4 TPS, Maje 21 TPS, Muara Sahung 1 TPS, Nasal 41 TPS, Pagulir 3 TPS, Pagulu 1 TPS, Semidang Gumay 4 TPS, Tanjung Kemuning 2 TPS dan Tetap 8 TPS dikarenakan jumlah pendaftar yang telah memasukan berkas rata-rata sebanyak 5 orang, sementara yang dibutuhkan minimal 7 orang. Dengan masih kurangnya jumlah pendaftar, maka harus kembali ditambah waktu pembukaan pendaftaran. Dimana untuk kendala masih adanya desa yang belum memenuhi kuota kebutuhan KPPS itu, terkendala pada persyaratan calon KPPS yang wajib berusia 20 sampai dengan 50 tahun dengan spesifikasi pendidikan minimal tamatan SMA.

“Perpanjangan di TPS yang sulit dijangkau, dan paling banyak itu di daerah Kecamatan Nasal yakni 41 TPS. Mudah-mudahan dengan perpanjangan ini nanti kuota KPPS ini mencukupi,” harapnya.

Ditambahkan Yuhardi, ia berharap dengan perpanjangan ini minat tinggi dari masyarakat Kaur untuk bisa berpartisipasi aktif dan bergabung sebagai penyelenggara Pilkada Kaur 2020. Menurutnya, sosialisasi dan iklan terkait perekrutan KPPS sudah cukup menyebar. Dimana nanti para KPPS akan mulai bekerja mulai dari 24 Novemer hingga 23 Desember mendatang.

“Nanti para KPPS sendiri mendapat honorarium sebesar Rp 900 ribu untuk ketua dan anggota Rp 850 ribu, honoer ini dari PHD Provinsi. Untuk jumlahnya itu setiap TPS ada 7 personil KPSS ditambah dengan 2 linmas,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*