Pendaftaran Calon Dirut PDAM Dibuka

TUBEI,BE – Pendaftaran Calon Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, resmi dibuka sejak Selasa kemarin (6/11) hingga Senin (12/11) mendatang. Ini setelah ditandantanginya surat keputusan (SK) Bupati Lebong nomor 01/TIM PENJARINGAN/XII/2012 tentang tim penjaringan Calon Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong masa jabatan 2013/2017. Hal tersebut disampaikan Asisten III Setda Lebong Fauzi Taher SH MSi kepada wartawan diruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan Fauzi, proses penjaringan atau seleksi yang diikuti para calon Direktur PDAM tersebut akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, psikotes dan terakhir adalah seleksi fit and proper test atau tes kelayakan dan kepatutan. “Untuk berkas pendaftaran calon Direktur PDAM silakan diantarkan ke Sekretariat Panitia di Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Lebong,” jelas Fauzi.
Sementara untuk persyaratan yang wajib untuk dipenuhi para calon Direktur PDAM meliputi, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani, berijazah minimal sarjana S1, berusia maksimal 55 tahun, mempunyai pengalaman kerja minimal 15 tahun mengelola perusahaan bagi yang bukan berasal dari PDAM dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik, menyusun visi dan misi PDAM, bersedia bekerja penuh waktu, cakap, jujur, memiliki integrasi, moral yang tinggi dan tidak KKN, calon baik dari PNS maupun PDAM harus memiliki surat izin dari pejabat pembina kepegawaian.
“Dalam surat lamaran nantinya harus dilampirkan surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu, foto copy ijazah terakhir yang dilegalisir, foto copy KTP yang masih berlaku, surat pernyataan bersedia tidak menduduki jabatan di pemerintahan selama masa jabatan bhakti di atas kertas bermaterai Rp 6000 dan menyampaikan visi dan misi di depan tim penilai,” ungkap Fauzi.
Selain itu, untuk fit and proper test-nya panitia bekerjasama dengan perguruan tinggi Unib, dan pihak BPD untuk melakukan fit and profer test tersebut. Untuk itu, bagi masyarakat yang memiliki standarisasi dan kriteria sebagai calon direktur PDAM Tirta Tebo Emas di atas, dipersilakan untuk mendaftar. Pihaknya, tidak memandang dari kalangan internal maupun eksternal, yang terpenting mereka harus sesuai dengan persyaratan.
“Bagi siapa pun bisa mengikuti pendaftaran calon direksi asalkan mampu mengikuti aturan tersebut. Insya Allah di tahun 2013 nanti PDAM Tirta Tebo Emas Lebong sudah memiliki direktur baru. Mudah-mudhan dengan adanya direktur baru nantinya dapat memperbaiki manejemen PDAM Tirta Tebo Emas menjadi lebih baik,” pungkas Fauzi. (777)