Pendaftar UNP 261 Orang

1. UNBK SMA Muhammadiyah 1
fOTO : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 261 orang telah mendaftar menjadi peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) di Provinsi Bengkulu, tahun ini. Dari lima sekolah di kota/kabupaten yang ditunjuk menjadi lokasi UNP, Kota Bengkulu terbanyak pendaftarnya.

Ketua Ujian Nasional (UN) Provinsi Bengkulu R Wahyu DP menuturkan, pendaftar terbanyak dari jenjang SMA sebanyak 234 sisanya 27 pendaftar dari SMK. Mereka melaksanakan ujian di lima sekolah, rincianya SMKN 1 Kota Bengkulu 145 pendaftar, SMAN 2 Argamakmur 62 pendaftar, SMAN 2 Rejang Lebong 31 pendaftar, SMAN 2 Bengkulu Selatan 15 pendaftar dan SMKN 3 Mukomuko 7 pendaftar.

”UNP dilaksanakan dalam bentuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan soal ujian sesuai dengan kisi-kisi UN,” kata Wahyu.

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini peserta langsung mengikuti ujian tanpa melakukan simulasi terlebih dahulu. Pelaksanaan UNP secara nasional digelar selama empat hari, pada 28-31 juli 2018, namun di Provinsi Bengkulu hanya berlangsung tiga hari. Dalam UNP berbasis komputer nanti, setiap harinya digelar dua sesi, sesuai dengan mata pelajaran yang diperbaiki.



Seperti diketahui peserta yang berhak mengikuti UNP siswa/siswi yang nilainya belum standar dibawah angka 55 pada mata pelajaran tertentu. Mereka yang ingin memenuhi nilai standar untuk masuk perguruan tinggi akademi militer atau akademisi kepolisian dapat memperbaiki nilainya melalui UNP ini.

Hasil UNP dilaporkan dalam bentuk sertifikat hasil ujian nasional (SHUN). Bagi peserta yang memperbaiki nilai maka dalam SHUN perbaikan memuat nilai yang lebih tinggi dari SHUN sebelumnya. Kemudian peserta yang mengikuti UN susulan, SHUN hanya memuat nilai ujian dari mata pelajaran yang diikuti. (247)