Pendaftar PPK Membludak

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Tingkat animo masyarakat Kaur mendaftar menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diprediksi akan membludak. Sebab hari kedua pendaftaran PPK yang dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur sangat diminati masyarakat Kaur. Hingga kemarin (26/1), jumlah pelamar PPK yang telah memasukan lamaran sudah mencapai 40 orang lebih.

“Kita buka pendaftaran PPK ini sudah mulai kemarin, dan sampai hari ini (kemarin) pelamarnya sudah 40 orang lebih,” kata Ketua KPUD Kaur, Sirajjudin Aksa, M.TPd, kemarin (26/1).

Dikatakan Siraj, pendaftaran PPK ini mudah dibandingkan tahun lalu. Seperti dari segi umur, sekarang minimal 17 tahun dibandingkan tahun lalu minimal 25 tahun. Menurut Siraj pendaftaran calon PPK ini akan berlangsung hingga Rabu (31/1) mendatang. Sehingga dipastikan jumlah pendaftar baru diketahui setelah pendaftaran dan penerimaan berkas ditutup. Dimana nanti jumlah PPK yang akan dibutuhkan setiap kecamatan itu sebanyak tiga orang.

“Kalau tahun lalu lima orang dan sekarang hanya tiga orang setiap kecamatan, dan dalam seleksi PPK ini ketat dan apabilah tidak memenuhi syarat akan kita coret langsung,” tegasnya.

Siraj menambahkan, untuk hasil penelitian administrasi berkas persyaratan akan diumumkan 4-5 Februari 2018, dan selanjutnya akan diadakan seleksi tertulis yang akan dilangsungkan pada tanggal 6-8 Februari 201. Kemudian para peserta seleksi yang sudah lulus tes tertulis akan mengikti tahap selanjutnnya dan seleksi wawancara dijadwalkan tanggal 11-14 Februari. Sirah juga menegaskan ujian tertulis menjamin bahwa tidak ada PPK pesanan maupun titipan.Penjaringan akan dilakukan fair, namun tetap dengan sejumlah.

“Untuk tes tertulisnya nanti mungkin akan kita gelar di GSG, dan dalam perekrutan PPK ini tidak ada permainan dan kita pastikan murni. Juga kepada masyarakat yang ingin menjadi PPK silahkan daftar ke kantor KPU,” jelasnya. (618)