Pendaftar Magang ke Jepang Diberi Pelatihan

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memudahkan para pendaftar program magang ke Jepang yang mendaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, para pendaftar program magang ke Jepang tersebut diberi pelatihan di salah satu LPK yang ada di Kota Curup.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Dwi Purnamasari SSos mengungkapkan pelatihan yang diberikan tersebut untuk memudahkan mereka dalam mengikuti seleksi program magang ke Jepang yang akan dilaksanakan di Kota Bengkulu pada akhir September mendatang.

“Mulai hari ini ada sekitar 60 orang pendaftar program magang ke Jepang yang kita beri pelatihan,” sampai Dwi.

Hanya saja menurut Dwi, dari 60 orang yang diberi pelatihan tersebut tidak semuanya berasal dari Kabupaten Rejang Lebong namun ada beberapa yang berasal dari Kabupaten Lebong dan Kepahiang bahkan Bengkulu Tengah, karena memang dalam program pelatihan tersebut ada beberapa paket dari tiga kabupaten tersebut yang mendapat pelatihan di Kabupaten Rejang Lebong. Pelatihan yang diberikan tersebut, menurut Dwi yaitu pelatihan matematika dan fisik, karena memang dua matematika dan fisik yang akan diteskan untuk seleksi mengikuti program magang ke Jepang pada akhir September mendatang.

Menurut Dwi para pendaftar program magang ke Jepang tersebut diberi pelatihan sebelum mengikuti seleksi, karena pada kegiatan pra seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu banyak yang gagal. Dimana dari 40 orang pendaftar yang mengikuti pra seleksi hanya tiga orang yang lolos.



“Dengan adanya pelatihan ini, kita berharap nanti akan banyak yang lolos dalam program magang ke Jepang ini nanti,” paparnya.

Sementara itu, untuk jumlah pendaftar magang ke Jepang yang mendaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, menurut Dwi hingga kemarin sudah mencapai 64 orang. Hanya saja dari 64 orang tersebut tidak semuanya mengikuti pelatihan yang dimulai kemarin.

Selain itu, Dwi juga mengaku pembukaan pendaftaran program ke Jepang akan terus mereka lakukan hingga tangg 22 September atau sehari sebelum pelaksanaan seleksi yaitu pada tanggal 23 sampai 27 September nanti. Hanya saja mereka yang mendaftar saat ini tidak bisa mengikuti pelatihan. “Kita berharap nanti banyak para peserta dari Kabupaten Rejang Lebong ini bisa lolos dalam program magang ke Jepang ini,” harap Dwi.(251)