Pencuri Kambuhan Dibekuk

Foto : ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Seorang pemuda berinisial MR (16) warga Kecamatan Ratu Agung kembali berurusan dengan hukum. Jika sebelumnya MR melakukan penggelapan satu unit sepeda motor Honda CB150R, kali ini MR mencuri satu unit laptop milik salah satu anggota kepolisian warga Kecamatan Ratu Agung. MR akhirnya berhasil dibekuk tim opsnal Polsek Ratu Agung saat melarikan diri ke Kecamatan Kampung Melayu. Penangkapan tersebut dibenarkan Kapolsek Ratu Agung, Iptu Todo Rio Tambunan, kemarin (24/3).

Karena umur pelaku masih 16 tahun, saat melakukan pencurian sepeda motor bulan Januari lalu pelaku dilakukan diversi. Setelah diversi dan dilakukan pembinaan oleh pihak kepolisian pelaku bebas dan mendapatkan pekerjaan di kareoseri di Kampung Melayu. Tetapi nampaknya, pembinaan dan arahan dari kepolisian tidak dimanfaatkan pelaku sebaik mungkin. Tidak heran akhirnya pelaku nekat melakukan aksi pencurian.

“Orang tua pelaku sudah angkat tangan, tidak lagi mau mengurusi pelaku. Diserahkan kepada kita untuk dibina, tetapi malah mengulangi lagi,” imbuh Kapolsek.



Berkaitan upaya diversi, nampaknya berat untuk dilakukan. Karena biasanya diversi hanya berlaku untuk satu kali. Jika kembali mengulangi perbuatannya maka pelaku akan diproses sesuai hukum peradilan anak. “Bisa atau tidak dilakukan diversi masih kita upayakan,” pungkas Kapolsek.

Bulan Januari lalu MR melakukan penggelapan satu unit motor Honda CB150R warna putih milik Andika warga Kelurahan Tanah Patah serta satu unit handphone. Saat itu pelaku beraksi dengan kakak kandungnya berinisial YH. Peran YH tersebut mempengaruhi pelaku MR untuk membawa lari sepeda motor milik korban yang tidak lain adalah temannya sendiri.

Kakak adik tersebut kemudian pergi ke Kepahiang untuk menjual sepeda motor. Mereka hendak menjual sepeda motor hasil curian tersebut Rp 10 juta, tetapi pembeli hanya ingin Rp 7 juta. Akhirnya motor batal dijual, dua orang pelaku kembali ke Bengkulu. YH berhasil lolos, MR ditangkap jajaran Polres Mukomuko saat hendak melarikan diri ke arah Kabupaten Mukomuko.(167)