Pencarian Gatra, Terus Dilakukan

Foto : Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Bengkulu, perpanjang hingga 4 hari kedepan, untuk melakukan pencarian terhadap Rahmat Gatra Putra Maresta atau Gatra (5) warga Ipuh Kabupaten Mukomuko yang hanyut di aliran sungai air Ketahun desa Selebar Jaya Kecamatan Amen pada hari Jumat (19/04). Dalam melakukan pencarian Basarnas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Fedrasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) Lebong, Kepolisian, TNI bersama masyarakat dan keluarga korban.

Selain menyisiri air menggunakan perahu karet dari Basarnas 2 unit, Faji 2 unit dan BPBD 2 unit yang dilakukan tim pencarian, warga juga terus melakukan pencarian di beberapa meter tempat korban pertama hanyut. Hal ini dikarenakan di kawasan tersebut terdapat pusaran dan kedalaman air yang cukup dalam yang kemungkinan korban tersangkut di dasar air. Dantim Basarnas Provinsi Bengkulu, Masrul mengatakan, bahwa untuk prosedur pencarian dilakukan selama 3 hari (mereka mencari mulai hari Sabtu hingga kemarin). Akan tetapi jika memungkinkan pencarian kembali dilanjutkan.

“Kita melakukan pencarian minimal 3 hari dan maksimal 7 hari,” jelasnya, kemarin (22/04).



Namun setelah berkoordinasi dengan pimpinan, pihaknya kembali akan melakukan pencarian hingga 4 hari kedepan. Hanya saja dalam melakukan pencarian, pihaknya mengalami kendala karena kondisi air sungai Ketahun yang masih keruh dan deras karena terus turun hujan.

“Namun hal tersebut tidak menyurutkan kita untuk melakukan pencarian,” sampainya.

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Jafri SSos yang terus ikut berada di lokasi pencarian mengatakan, bahwa untuk prosedur pencarian dilakukan selama 3 hari. Namun ketika dilakukan koordinasi lagi, pihak Basarnas, FAJI, BPBD dan TNI masih tetap siap untuk membantu melakukan pencarian.
“Jadi kita lanjutkan karena semua pihak masih siap untuk terus membantu,” ucapnya.

Untuk diketahui, peristiwa yang menimpa Rahmat Gatra Putra Maresta (5) warga Ipuh Kabupaten Mukomuko, berawal dirinya bersama kakak nya Tasya (8) yang sedang berkunjung ke rumah nenaknya di Desa Selebar Jaya Kecamatan Amen Kabupaten Lebong bersama kedua orang tuanya. Pada saat itu Jumat (19/04) korban menemani sang neneknya Sri (48) mencuci pakaian di pinggir sungai Air Ketahun.

Pada saat itu nenek korban akan menjemur cucian di depan rumah dan mengingatkan korban dan kakaknya Tasya untuk tidak mandi. Akan tetapi ketika sang nenek kembali lagi ke sungai, dirinya tidak melihat kedua cucunya dan diketahui telah hanyut terbawa arus. Mengetahui hal tersebut sang nenek langsung berteriak minta tolong dan kebetulana da warga yang melihat dan langsung terjun menyelamatkan kedua korban. Akan tetapi warga hanya bisa menarik Tasya, sementara Gatra tidak telah terbawa arus.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*