Pencairan PKH Ditunda

bengkulu
Foto : Alfredo Quieko

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pencairan dana program keluarga harapan (PKH) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahap akhir (tahap IV) terhadap penerima tambahan dicairkan secara bertahap.

Lima kecamatan dicairkan pada bulan Desember 2016 ini dan sisanya yakni sebanyak 4 kecamatan se-Kabupaten Benteng ditunda awal tahun 2017 mendatang.

“Secara keseluruhan, penerima PKH tambahan pada tahun 2016 ini mencapai 1.700 orang dengan jumlah anggaran Rp 353.929.023. Sampai saat ini keseluruhan dana belum ditransfer oleh pemerintah pusat. Diprediksi, sisa dana baru ditrasferkan pada bulan Januari 2017 mendatang,” kata Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Benteng, Alfredo Quieko, kemarin.

Jelang akhir tahun 2016 ini, baru penerima PKH yang berasal dari 3 kecamatan yang bisa menikmati bantuan dana tersebut, yakni Kecamatan Pematang Tiga, Talang Empat dan Kecamatan Pondok Kubang.

“Sampai saat ini dana PKH dari pemerintah pusat memang telah ditransfer ke kantor Pos untuk disalurkan. Akan tetapi, melihat waktu yang sudah tak lagi memungkinkan, bantuan tersebut akan disalurkan pada bulan Januari 2017 mendatang,” ungkapnya.

Mendapati kabar baik ini, pihaknya mengimbau kepada  penerima PKH di tiga kecamatan tersebut untuk segera mengambil bantuan langsung tunai itu di masing-masing kantor Pos dekat tempat tinggalnya.

Alfredo menjelaskan, Dinsosnakertrans Benteng telah menunjuk 4 cabang kantor POS sebagai pihak yang menyalurkan dana PKH.

Keempatnya adalah kantor POS Kembang Seri yang mengakomodir penerima PKH Kecamatan Karang Tinggi dan sebagian Kecamatan Talang Empat, kantor Pos Air Sebakul yang mengakomodir penerima PKH Kecamatan Talang Empat dan kantor Pos Pondok Kelapa yang mengakomodir penerima PKH Kecamaan Pondok Kelapa, Pondok Kubang dan Kecamatan Pematang Tiga. Sedangkan kantor Pos Taba Penanjung yang mengakomodir Kecamatan Taba Penanjung, Merigi kelindang, Merigi Sakti dan Pagar Jati.

“Berbeda dengan penerima tambahan, terkhusus penerima lama yang berjumlah 1.062 orang dengan total Rp 401.037.500, Dinsosnakertrans Kabupaten Benteng dan pihak kantor Pos sudah melakukan verifikasi terhadap data penerima bantuan PKH. Dana tersebut sudah bisa dicairkan pada tanggal 22 Desember lalu.

“Khusus penerima PKH lama, dana tahap akhir di tahun 2016 sudah dicairkan,” singkatnya.

Dijelaskan Alfredo, penyaluran dana PKH diberikan secara bervariasi sesuai dengan kategori penerima. Kategori pendidikan yang meliputi anak SD, SLTP dan SLTA sebesar Rp 400-1 juta. Sedangkan kategori kesehatan, meliputi ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas sebesar Rp 1 juta dalam setahun.(135)