Penataan DDTS Rampung Tahun Depan

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Penataan kawasan wisata baru Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) atau Danau Dusun Besar dikebut oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Penataan kawasan DDTS ditargetkan rampung pada 2020 mendatang. Hal itu dikatakam Gubernur Bengkulu pada Ekspose tentang penataan DDTS di ruang rapat lantai lll kantor Gubernur Bengkulu DR drh. H. Rohidin Mersyah MMA, Senin (7/10).

“Sudah dianggarkan di 2020, hari ini mematangkan perencanaan itu. Pertama tadi kita menata dan sinkronkan pembuatan jalan dua jalurnya. Kemudian penataan pedagang sekaligus jogging track atau untuk jalan kaki di sekeliling danau itu pun juga dikerjakan di 2020,” terang Rohidin kepada Bengkuluekspress.com, Senin (7/10).

Dilanjutkan Rohidin, untuk penataan kawasan DDTS di 2020 ada tiga paket pekerjaan yang akan dilakukan awal tahun sudah selesai lelang. Sehingga pada Februari 2020 bisa langsung dimulai pekerjaannya.

” Anggarannya sendiri tadi hampir Rp 20 miliar sudah ada anggarannya di 2020. Memang semua on the track perencanaan ini matang saya turun langsung memimpin rapat ini tadinya,” ungkap mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan itu.

Maksudnya pada rapat ini tadi, lanjut Rohidin, agar jangan ada perubahan lagi kedepan. Nanti lelang jalan dan pembangunan yang dibangun itu bermanfaat. Jangan lagi nanti ketika dibangun tidak ada dampak untuk masyarakat Provinsi Bengkulu.

Sementara itu Kepala Balai PPW Provinsi Ir. Daniel Kurdi mengatakan, banyak perubahan dari hasil rapat ini setelah memaparkan rencana penataan kawasan Danau Dendam Tak Sudah dengan gubernur Bengkulu. Agar tadi mensinkronkan program yang ada di balai cipta karya dengan tentunya selera daripada pemerintah daerah dalam hal ini gubernur.

“Jadi yang kami tata ini memang hanya sebagian kecil mungkin daripada kawasan DDTS. Sementara pemerintah provinsi sudah punya master plan dan rencana untuk kelanjutannya. Kami hanya menggunakan sekitar 3 hektar untuk ditata,” pungkasnya.

Secara pembiayaan, kata Daniel, dari kementerian PUPR sudah siap. Berhubing dananya sudah siap berarti kami bisa rencanakan yang namanya lelang dini.

“Kita lelangkan di awal Januari nanti setelah dipa keluar baru boleh tanda tangan kontrak. Aturannya kalau di kementerian PUPR untuk saat ini yang kita bahas tim penyusunan anggaran yang ada di kementerian PUPR di Bidang Cipta Karya,” tutupnya.(HBN)

Berikut

Pembagian area perencanaan :
Zona permainan anak, pelataran utama, zona kuliner, parkir.

Berikut Area perencanaan yang akan dibangun:

A gerbang utama
B. Plaza
C. View Deck
D. Amphiteater
E. Kios cenderamata
F. Taman tentatik
G. Taman bermain anak
H. Pusat informasi
I. Area kuliner
J. Dermaga permainan air
K. Jalur trek jogging
L. Gerbang selatan
M. Gerbang utara
N. Parkir mobil
O. Parkir motor
P. Jalan 2 jalur
R.