Pemutakhiran Data Belum Digelar

FOTO-SELUMA.-SupratmanTAIS, BE- Hingga saat ini KPU Seluma belum melakukan pemutakhiran data pemilih pemilu 2014 mendatang. Meksipun Pemkab Seluma  sudah menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 143 ribu lebih. Hal tersebut disebabkan KPU belum memiliki petugas yang akan bekerja secara teknis terkait data tersebut.

Namun data ini masih harus diverifikasi lagi oleh petugas pencatat pemilih yang akan dibentuk oleh KPU Seluma sebentar lagi. Karena petugas pemutakhiran datanya belum dibentuk, dan KPU juga mesih melakukan koordinasi.

“Kita masih melakukan pemuktahiran data terlebih dahulu. Untuk data yang diberikan Dukcapil beberapa waktu lalu, kita akan terlebih dahulu melakukan veritifikasi ulang,” terang anggota KPU Seluma Divisi Teknis Penyelenggara, Drs Supratman.

Dijelaskannya, nantinya warga yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan warga pemilih yang benar-benar sudah mempunyai hak untuk memilih sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga tidak ada lagi DPT ganda di setiap desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma. Nantinya akan ada tim di setiap desa yang melakukan veritifikasi yang berjumlah 3 orang.

Sementara ini KPU Seluma akan kembali membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan ditempatkan di setiap desa. Karena sejauh ini jumlah pendaftar PPS belum memenuhi kebutuhan yang seharusnya. Berbeda dengan jumlah pendaftar PPK yang sudah memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

“Terpenting menjelang habis masanya anggota KPU yang sekarang ini, tahapan telah diselesaikan dan siap melakukan pemilu legislatif,” terangnya. (333)