Pemungutan Suara Ulang di TPS 15 Rawa Makmur, Partisipasi Pemilih Tetap Tinggi

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di tempat pemubgutan suara (TPS) 15 Kelurahan Rawa Makmur Permai, Kota Bengkulu, pada Rabu (24/4/2019).

Meski PSU dilaksanakan bukan pada hari libur nasional, namun demikian tidak menyurutkan partisipasi masyarakat sekitar menggunakan hak pilihnya demi kemajuan bangsa Indonesia lima tahun kedepan. Partisipasi pemilih tetap tinggi.

Partisipasi masyarakat yang tinggi tersebut terlihat dari jumlah penggunaan hak suara di TPS 15 Rawa Makmur Permai. Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 205 DPT sebanyak 110 orang diantaranya menggunakan hak suaranya.

“Partisipasi masyarakat sangat tinggi, kemarin saat 17 April pemilih sebanyak 103 pemilih . Saat PSU ini sebanyak 110 pemilih,” ujar Komisioner KPU Kota Bengkulu, Romi Sugara kepada Bengkuluekspress.com saat memantau proses PSU di Rawa Makmur Permai, Rabu (24/4).

Dikatakan Romi, sebanyak 110 pemilih tersebut yang ikut berpartisipasi, dengan rincian 108 DPT, 1 (DPK) Daftar Pemilih Khusus, dan 1 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Penyebab dilaksanakannya PSU di TPS 15 Rawa Makmur, disebabkan adanya pemilih yang tidak terdaftar menggunakan hak pilihnya, namun diberikan kesempatan mencoblos dengan 5 surat suara. Surat suara pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota.

“Penyebab PSU, ada 7 DPK yang menggunakan hak suaranya dengan KTP diluar domisili,” tandasnya.

Masih kata Romi, DPK tersebut, yakni sebanyak 6 orang merupakan mahasiswa dari Sumatera Utara yang diberikan 5 surat suara saat Pemilu 17 April lalu dan 1 lagi warga kota Bengkulu, namun tidak berdomisili di RT/RW setempat. “Alhamdulillah, PSU di TPS 15 Rawa Makmur Permai berjalan kondusif dan aman,” tukasnya. (HBN)