Pemuda Putus Sekolah Dihajar Massa

KOTA MANNA, BE – Mm (17) warga Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna menjadi bulan-bulanan warga. Pasalnya Mm dan temannya Gn (17) juga warga Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna kedapatan sedang mencuri helm milik M  Rido Irfan (17), warga Jalan Kolonel Berlian Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna yang saat itu sedang menunaikan ibada sholat magrib di Masjid Jamik di Jalan Sudirman, Kota Manna. Hanya saja aksi keduanya diketahui warga, sehingga Mm ditangkap sedangkan Gn berhasil kabur.

Tak urung, Mm yang tertangkap langsung dihajar oleh warga yang kesal tersebut. Akibatnya pelaku mengalami luka memar pada bagian leher dan mukanya, baru kemudian diserahkan warga ke Mapolsek Kota Manna.

Menurut keterangan Lubis, pengurus Masjid Jamik, yang ikut membawa Mm ke Mapolsek Kota Manna, kejadian pencurian itu terjadi sekitar pukul 18.15 WIB. Saat itu sepeda motor motor korban diparkirkan di halaman Masjid Jamik, kemudian helm korban di letakkan di atas sepeda motor itu. Kemudian korban melakukan salat Magrib bersama jamaah lainnya.

Mm dan Gn yang melihat ada helm di atas sepeda motor korban langsung mendekati helm itu dan berusaha mencurinya. Tetapi disaat tangannya sedang memegang helm dan hendak berusaha kabur, tiba-tiba ada warga yang melintas di depan masjid itu dan mendapati kalau Mm sedang mencuri helm. Lalu warga itu langsung menangkap tangan Mm dan seorang lagi memegang helm yang dicuri Mm sambil berteriak maling.

Kontan saya mendengar teriakan maling itu jamaah masjid yang baru saja melaksanaan salat langsung berhamburan dan tiba-tiba ada yang sudah memukuli Mm sedangkan teman Mm yakni Gn sudah langsung kabur.”Kami kini sudah sering kehilangan  baik itu helm jamaah dan  sendal para jemaah, sehingga mengetahui adanya pencuri yang beraksi di masjid jamaah yang sudah sering kehilangan langsung emosi menghajar pelaku lalu mengantarkan pelaku itu ke Polsek Kota Manna,” terangnya.

Sedangkan pengakuan Mm kalau dirinya mengakui telah mencuri helm tersebut, hanya saja kata dia dirinya tidak mencuri helm lainya ataupun sendal jamaah. “Betul pak saya ingin memiliki helm itu tapi saya bukan pelaku pencuri sendal,” ucapnya.

Kapolsek Kota Manna Iptu Ahmad Mega Rahmawan SP membenarkan kalau saat ini pihaknya sudah mengamankan pelaku pencurian helm di Masjid Jamik itu. “Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan akan memintai keterangan dari saksi-saksi, apakah pelaku juga terlibat dalam aksi pencurian lainnya,” terangnya.(369)