Pemprov Usulkan CPNS Zero Growth

cpns sistem cat
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu mengusulkan zero growth untuk formasi CPNS di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu. Zero growth yang dimaksud yakni usulan CPNS sama dengan jumlah PNS yang keluar/pensiun, sehingga jumlahnya tidak bertambah dan tidak berkurang. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan jumlah PNS agar tidak terus bertambah. Demikian disampaikan Sekretaris Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (22/6).

“Kita mengusulkan zero growth itu pasti, jadi jika PNS yang pensiun 10, maka CPNS-nya 10. Termasuk usulan-usulan tenaga teknis tertentu dan tenaga-tenaga strategis lainnya, itu sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” terang Sekprov.

Nopian mengatakan, untuk kabupaten/kota akan mengajukan kebutuhan PNS yang nantinya keputusan jumlah CPNS tetap disesuaikan kemampuan keuangan negara. Makanya, Kemenpan RB akan memverifikasi usulan tersebut.



“Untuk usulan CPNS di Provinsi Bengkulu sudah kita serahkan. Kita juga telah bertemu dengan SesMENPAN-RB beberapa waktu lalu,” ungkap Nopian.

Sekprov mengaku optimis usulan CPNS diverifikasi oleh KEMENPAN-RB. Hal tersebut mengingat bahwa anggaran belanja pegawai Provinsi Bengkulu masih rendah. “Untuk formasi CPNS-nya belum keluar, mungkin masih di internal Kemenpan RB,” tukasnya. (hbn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*