Pemprov Undang Ani Yudhoyono

aniBENGKULU, BE – Dalam rangka agenda besar gerakan penanaman 1 miliar pohon, untuk  mengembalikan fungsi lahan sebagai ruang terbuka hijau bagi penyerapan air di perkotaan.   Pemprov Bengkulu berencana mengundang istri presiden RI, Ani Yudhoyono untuk ke Bengkulu melakukan gerakan tanam pohon.  “Dalam rangka penanaman 1 miliar pohon, kita berencana mengundang ibu Ani, untuk melakukan Gerakakan Penanaman Pohon di Bengkulu,” ujar Gubernur H Junaidi Hamsyah.

Rencana tersebut telah dibahas melalui rapat SKPD yang dipimpin oleh gubernur. “Kita menyadari bahwa tidak mudah untuk memberikan penyadaran kelestarian lingkungan, tak hanya pada masyarakat awam, tapi juga terjadi pada masyarakat kelas menengah ke atas. Kini ada kecenderungan penanaman tidak sesuai dengan konsep pengelolaan hutan berkelanjutan,” paparnya.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Drs Eko Agusrianto menambahkan, rencana menungundang istri Presiden untuk gerakan penanaman pohon, dalam rangka mendukung program presiden Susilo Bambang Yudhoyono menargetkan peningkatan penanaman pohon menjadi 1 miliar per tahun. Hal ini sebagai upaya mengurangi emisi gas karbon di dunia.

Dengan terjadinya perubahan iklim yang ekstrem dan pemanasan global akan mengakibatkan terjadinya kenaikan 1,5 meter permukaan air laut. Bengkulu harus ikut berperan menyukseskan program pusat tersebut. “Indonesia memiliki tugas mengurangi emisi secara besar hingga 40 persen dari emisi. Bengkulu juga kebagian untuk mengurangi tingkat emisi itu,” katanya. (100)