Pemprov Tawarkan Program Tanam Ubi di Benteng

Kadis Pertanian Benteng, Drs Supawan Said

BENTENG, bengkuluekspress.com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menawarkan program penanaman ubi di tahun 2021 mendatang. Jenis ubi ini memang tak bisa dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat, lantaran memiliki kandungan racun. Melainkan dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tepung tapioka untuk mengantisipasi krisis pangan akibat pandemi Covid-19.
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Benteng, Drs Supawan Said menjelaskan, Pemprov meminta agar Pemda Benteng menyiapkan lahan seluas 30 ribu hektare (Ha).
“Kita diminta untuk menyiapkan lahan tidur seluas 30 ribu Ha,” kata Supawan.

Diakui Supawan, lahan yang diminta untuk disediakan tidak sedikit. Untuk diketahui, lahan perkebunan di Kabupaten Benteng saja hanya seluas 9 ribu Ha. Memperhatikan ketersediaan lahan, Supawan mengaku, bahwa lahan yang bisa disiapkan kurang lebih sekitar 2 ribu Ha.
“Kami sudah melakukan koordinasi dengan para kelompok tani untuk kesiapan lahan. Teknisnya, pemerintah akan memberikan bantuan berupa bibit dan menyediakan pabrik pengolah ubi. Pengelolaan lahan diserahkan kepada masyarakat,” kata Supawan(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*